Pedagang Oleh-oleh Khas Cianjur: Barang Berkurang Saja Sudah Untung

Pedagang Oleh-oleh Khas Cianjur: Barang Berkurang Saja Sudah Untung
Toko oleh-oleh khas Cianjur, Jawa Barat, yang banyak berjajar di Jalan Dr Muwardi-By Pass, sepi pembeli sejak pandemi hingga saat ini, Rabu (23/6). Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, CIANJUR - Pedagang oleh-oleh khas Cianjur, Jawa Barat, mengeluhkan rendahnya penjualan selama pandemi yang menurun hingga 80 persen dibandingkan saat situasi normal, terlebih setelah pembatasan kembali diberlakukan di sejumlah wilayah.

Woron Setiawan Rusli, pemilik toko oleh-oleh khas Cianjur di Jalan Dr Muwardi-By Pass mengatakan sebelum pandemi, dalam satu hari dapat menjual hingga 50 kilogram manisan, mulai dari manisan kelapa, buah dan sayur, namun saat ini per hari paling tinggi hanya bisa menjual 10 kilogram.

"Untuk tetap mendapat pembeli, kami menurunkan harga agar oleh-oleh seperti manisan berbagai jenis dan penganan khas Cianjur dapat terjual," kata Woron, Rabu (23/6).

Minimnya pembeli dari luar kota yang melintas, akibat pembatasan yang diterapkan di seluruh wilayah mulai dari Bandung Raya hingga Jabodetabek, membuat tingkat penjualan terus menurun, sehingga pihaknya tidak berani menyimpan stok lebih.

"Biasanya akhir pekan kami sudah menambah stok, namun selama pandemi ini, barang yang tersedia berkurang saja sudah untung," katanya.

Hal serupa terucap dari Nurman, pemilik toko manisan dan oleh-oleh khas Cianjur di Jalan Raya Bandung-Cianjur. Selama pandemi tidak jarang toko miliknya tutup dan karyawan harus dikurangi karena sepinya pembeli yang datang.

"Kami hanya buka saat akhir pekan, untuk menutupi operasional sehari-hari. Bahkan karyawan yang awalnya delapan orang saat ini, hanya tinggal empat orang karena sepinya pembeli selama pandemi," katanya.

Untuk tetap mendapatkan penghasilan, pihaknya menggencarkan penjualan melalui media daring yang dikelola sendiri, meski hasilnya belum maksimal karena pembatasan sosial membuat mereka kesulitan untuk mengirimkan pesanan.

Pedagang oleh-oleh khas Cianjur, Jawa Barat, mengeluhkan rendahnya penjualan selama pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News