Pedagang Pasar Senen Ributkan Pembagian Lahan

Pedagang Pasar Senen Ributkan Pembagian Lahan
Kondisi Pasar Senen yang hangus terbakar beberapa waktu lalu. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kebakaran yang melanda Pasar Senen membuat pedagang di Blok III kehilangan kios tempatnya berjualan. Blok VI Pasar Senen pun disiapkan untuk tempat penampungan sementara (TPS) bagi pedagang Blok III.

Namun, pedagang Blok VI mengaku keberatan. Ketua Persatuan Pedagang Senen Blok VI Siswoto mengatakan, kelompoknya menolak karena khawatir kehilangan lahan apabila pembangunan ulang Blok VI dilakukan.

"Kalau pembangunan Blok VI harus menunggu selesainya pembangunan Blok III, kami khawatir bangunan Blok VI akan roboh. Karena kondisinya sudah memprihatinkan," kata Siswoto di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (1/5).

Siswoto menyarankan agar TPS untuk pedagang Blok III dibangun di halaman depan Pasar Senen atau Blok I. Dengan begitu, nantinya tidak mengganggu pembangunan Blok VI.

Jika lahannya menjadi TPS pedagang Blok VI, para pedagang Blok III juga khawatir akan kehilangan pembeli. Pasalnya, barang dagangan yang dijual jenisnya sama.

"Dan lokasi TPS lebih dekat jalanan atau lebih strategis. Sekarang saja dengan kondisi pasar yang sudah tidak layak, omset kami turun hingga 50 persen. Apalagi ditambah dengan pedagang Blok III. Kami bisa bangkrut," ungkap Siswoto.

Masih kata Siswoto, saat ini bangunan lantai Blok VI hanya ditopang besi penyangga dan tidak bisa dilalui mobil.

Ia pun berharap, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi lebih serius memperhatikan kondisi pedagang di bloknya.

JAKARTA - Kebakaran yang melanda Pasar Senen membuat pedagang di Blok III kehilangan kios tempatnya berjualan. Blok VI Pasar Senen pun disiapkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News