Peduli Superltas, Remaja Solo Juarai Passionville

Peduli Superltas, Remaja Solo Juarai Passionville
Pemenang ajang PassionVille berpose bersama. FOTO : Wismilak for JPNN

jpnn.com, YOGYAKARTA - Ajang PassionVille 2017 akhirnya menemukan juara baru. Adalah Dodik Murdiyanto yang berhasil menjadi yang terbaik dalam ajang pencarian ide passion rutin tahunan. Melalui proyek sosial Bernapas Bersama Peluit, sebagai pemenang utama dengan titel ‘The Most Inspiring #ProjectPassion’, Dodik yang berasal dari Solo berhak mendapatkan pendanaan dari Wismilak Foundation sampai project yang ia tekuni rampung dan dapat diaplikasikan ke masyarakat.

Selain itu, sebagai pemenang utama, Dodik juga akan mendapatkan reward tambahan berupa experience grant yang dapat digunakan untuk mengikuti workshop, seminar ataupun exhibition yang mereka inginkan untuk memperdalam passion dan mendukung proyek Bernapas Bersama Peluit itu agar dapat lebih berdampak terhadap masyarakat luas.

Bernapas Bersama Peluit merupakan project passion yang menaruh perhatian lebih pada lingkungan sosial (human interest), khususnya para Supeltas (Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas) yang berada di kota Solo.

“Yang akan saya lakukan bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup mereka, terutama dalam masalah kesehatan. Pengatur lalu lintas ini kerap menggunakan peluit untuk membantu tugasnya, dan itu membuat mereka tidak pernah memakai pelindung wajah atau masker. Paparan polusi yang ada di jalan tentu saja akan membuat kesehatan mereka menurun,” jelas Dodik. 

Konsep Bernapas Bersama Peluit bertujuan menciptakan inovasi masker baru untuk para Supeltas dimana peluit juga dapat digunakan secara bersamaan. Dengan desain khusus, masker ini memiliki filter serta lubang sebesar 8 cm agar para sukarelawan dapat bebas menggunakan peluitnya tanpa khawatir terpapar banyak polusi.

Terpilihnya Bernapas Bersama Peluit menjadi pemenang utama ini sekaligus merampungkan ajang PassionVille 2017. Semangat Passion for Nation yang terus digaungkan semakin mengokohkan ajang ini sebagai kompetisi passion terbesar di Indonesia.

Rene Soehardono dan Erix Soekamti, dua mentor dari kompetisi #ProjectPassion tahun ini menilai karya-karya yang lahir merupakan proyek-proyek sosial yang akan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. “Konsep yang disajikan sangat unik, feasible diaplikasikan di tengah masyarakat dan saya yakin pemenangnya akan mendapat apresiasi yang luar biasa, sejalan dengan misi PassionVille itu sendiri, Explore Your Passion, Inspire the Nation,” ujar Rene Soehardono.

Hal tersebut turut diamini oleh Edric Chandra, penggerak #ProjectPassion yang didukung pleh Wismilak Foundation. "PassionVille adalah wadah bagi anak-anak muda dengan semangat dan passion yang menggebu-gebu untuk dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitar,” ujarnya. (JPNN/pda)


Paparan polusi yang ada di jalan tentu saja akan membuat kesehatan mereka menurun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News