Pegang Jamkesmas, Peserta Jamkesta Dihapus

Pegang Jamkesmas, Peserta Jamkesta Dihapus
Pegang Jamkesmas, Peserta Jamkesta Dihapus
DINAS Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal menghapus data 12.929 orang pemegang kartu Jaminan Kesehetan Semesta (Jamkesta). Alasannya belasan ribu pemegang kartu tersebut juga mengantongi kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

Kepala UPT Jaminan Kesehatan Masyarakat (JKM) Dinkes Kota Tegal, Riyanto Wahyudin SKM mengatakan, sesuai ketentuan penerima Jamkesta adalah masyarakat yang belum tercover oleh jaminan kesehatan lain, salah satunya Jamkesmas. Karenanya apabila masyarakat pemegang kartu Jamkesta ternyata sudah dicover Jamkesmas, maka secara otomatis pelayanan Jamksetanya gugur.

"Penghapusan data 12.929 peserta Jamkesta dilakukan setelah data penerima Jamkesmas turun dari pusat. Setelah dicocokan, ternyata ada belasan ribu pemegang kartu Jamkesta yang sudah masuk data base Jamkesmas. Duplikasi jaminan kesehatan ini diketahui Februari lalu," katanya, Senin (13/5).

Riyanto tidak menampik jika sampai dengan detik ini masih banyak kartu Jamkesta yang duplikasi dengan Jamkesmas belum di tarik. Karena pemegang cukup alot untuk menyerahkan kartu tersebut. Namun demikian untuk menghindari penggunaan yang dobel, dinasnya sudah mengeluarkan surat kepada rumah sakit.

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal menghapus data 12.929 orang pemegang kartu Jaminan Kesehetan Semesta (Jamkesta). Alasannya belasan ribu pemegang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News