Pegawai Kantoran Jangan Ngopi Siang Hari

Pegawai Kantoran Jangan Ngopi Siang Hari
Pegawai Kantoran Jangan Ngopi Siang Hari

jpnn.com - JAKARTA - Demam piala dunia dipastikan mengubah pola jam tidur warga yang menyaksikan laga besar empat tahunan itu, yang mayoritas disiarkan langsung tengah malam atau dini hari.

Dampak ikutannya, pagi harinya kinerja akan menurun lantaran mata ngantuk, badan penat kurang istirahat.

Dokter Andreas Prasaja, seorang sleep scientist ternama, mengatakan, sebenarnya cara agar badan tetap fit saat musim piala dunia seperti sekarang ini, sangat lah sederhana.

"Cukup tambah jam tidur, dengan memajukan jam tidur dari hari-hari biasanya. Jika biasa tidur jam 12 malam, maka bisa lebih awal misalnya jam 9 malam," ujar dokter yang juga ahli RPSGT (Registered Polysomnographic Technologist) itu, kepada JPNN di Jakarta, kemarin.

Tapi mengubah pola jam tidur kan juga hal tak gampang" Andreas mengakui hal itu. Karenanya, mestinya perubahan jam tidur dilakukan pelan-pelan, jauh hari sebelum musim piala dunia. "Misal 10 hari sebelum piala dunia digelar, setiap harinya jam tidur dimajukan sedikit-sedikit, misal setengah jam, sehingga pas piala dunia, kita sudah terbiasa tidur lebih awal," urainya.

Nah, bagi yang tidak bisa mengubah jam tidur dan paginya harus beraktifitas normal, seperti PNS dan karyawan kantoran di perusahaan-perusahaan swasta, Andreas memberikan resep sederhana.

Pertama, pagi hari sebelum berangkat kerja, minum kopi, tapi jangan terlalu banyak. Alasannya, pengaruh cafein itu bisa mencapai sekitar 12 jam. Nah, porsi minum kopi harus disesuaikan agar siang hari pas jam istirahat kerja, mata sudah bisa mengantuk.

"Di jam istirahat itu, sisihkan waktu 15 menit hingga 20 menit untuk memejamkan mata. Karena 15 menit hingga 20 menit itu sudah bisa membuat tubuh rileks," pesan dia.

JAKARTA - Demam piala dunia dipastikan mengubah pola jam tidur warga yang menyaksikan laga besar empat tahunan itu, yang mayoritas disiarkan langsung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News