Pekan Depan Ada Isbat Awal Zulhijah, Ini Daftar Lokasi Rukyatulhilal

Pekan Depan Ada Isbat Awal Zulhijah, Ini Daftar Lokasi Rukyatulhilal
Seorang warga berfoto dengan latar belakang fenomena bulan Supermoon. Foto: ANTARA FOTO/RAHMAD

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat awal Zulhijah 1441H. Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi akan memimpin langsung sidang isbat yang digelar pada Selasa pekan depan (21/7).

"Isbat awal Zulhijjah digelar 21 Juli 2020. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR," ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Ditjen Bimas Islam Kemenag Agus Salim di Jakarta, Jumat (17/7).

Selain itu, Kemenag juga akan membatasi peliputan dalam sidang isbat. Menurut Agus, Kemenag bekerja sama dengan TVRI untuk menyediakan TV pool.

Oleh karena itu media yang bermaksud menyiarkan sidang isbat awal Zulhijah bisa berkoordinasi dengan TVRI. "Kami juga memanfaatkan medsos Kemenag untuk melakukan live streaming," tuturnya.

Sidang isbat terbagi dalam tiga tahap. Sesi pertama dimulai pukul 17.00 WIB berupa pemaparan posisi hilal awal Zulhijah 1441H oleh anggota Tim Falakiyah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Sesi kedua adalah sidang isbat yang dimulai setelah magrib dan dipimpin langsung oleh Menag. Sidang diawali dengan penyampaian laporan tentang hasil hisab dan rukyatulhilal dari 84 titik di seluruh Indonesia.   

"Sesi ketiga, Menteri Agama mengumumkan hasil sidang isbat secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV pool dan live streaming medsos Kemenag," tutupnya.(esy/jpnn)

Berikut ini daftar lokasi rukyatulhilal awal Zulhijah 1441 H/2020 M:

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat unguk menetapkan awal Zulhijah 1441H/2020 M pada pekan depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News