Pekan Kebudayaan Nasional Kembali Digelar Kemendikbudristek, Catat Jadwalnya!

Pekan Kebudayaan Nasional Kembali Digelar Kemendikbudristek, Catat Jadwalnya!
Gang sempit di Jakarta Barat, tepatnya di Pasar Pos Duri jadi lokasi Pekan Budaya Nasional 2023. Foto: dok PKN Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) bakal kembali digelar pada Jumat 20 Oktober di Gedung Galeri Nasional.

Kegiatan yang digagas Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi berrbeda dari perhelatan PKN tahun sebelumnya dan juga even nasional akan berlangsung hingga 29 Oktober.

Pekan Kebudayaan Nasional tahun ini mengusung kerja bersama dengan metode pelumbungan yang mana proses kerja-kerja pemajuan kebudayaan selama ini dengan berbagai jejaring dan pemangku kepentingan dipanen dan dibagikan ke masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Humas Media Direktorat Kebudayaan Darmwati di Jakarta. Menurut Wati sapaan akrabnya PKN mampu menghadirkan dan mengemas lokasi yang berbeda, salah satunya sebuah gang sempit di wilayah Jakarta Barat, tepatnya di Pasar Pos Duri.

"Tempat itu akan di jadikan tempat panen raya, dan saat ini tengah dalam persiapan proses berbagi panen raya kebudayaan sedang disiapkan. Terlihat bahwa kebudayaan milik semua, adalah barang publik yang harus dipastikan keberlangsungannya," jelas Wati.

Ada 40 titik ruang tamu komunitas dan ruang publik akan dibuka dan siap menyambut tamu PKN, di antaranya, komunitas Tudgam, WaftLab, Gudskul, Sanggar Anak Akar, dan banyak lainnya.

PKN 2023 tahun ini mengambil tema ini "Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan". Maksud tema ini adalah untuk memberikan makna dan relevansi dalam setiap aksi berkesenian dan berkebudayaan yang dilakukan yang tetap berakar pada nilai-nilai budaya serta kearifan lokal.

PKN mengusung tema Merawat Bumi, Merawat Kebudayaan. Menjadikan filosofi lumbung sebagai metode, bahwa kebudayaan harus dilestarikan bersama, dimajukan bersama secara gotong royong dan merupakan kerja kolektif seluruh pemangku kepentingan.

Pekan Kebudayaan Nasional mampu menghadirkan dan mengemas lokasi yang berbeda, salah satunya sebuah gang sempit di Jakarta Barat, tepatnya di Pasar Pos Duri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News