Pekerja Ini Lumpuh karena Kecelakaan Mobil, Kini Ia pun Terancam Dideportasi

Pekerja Ini Lumpuh karena Kecelakaan Mobil, Kini Ia pun Terancam Dideportasi
Eric Vavaki asal Kepulauan Solomon mengalami kecelakaan di Queensland namun menghadapi kemungkinan deportasi karena tidak memiliki tempat tinggal dan tidak punya penghasilan. (ABC News: Jemima Burt)

Eric Vavaki, asal Kepulauan Solomon, bekerja di sebuah kapal penangkap ikan di perairan Queensland sehingga tak pernah menyewa tempat tinggal di darat.

Bekerja selama empat tahun di kapal nelayan tersebut, kadang hanya satu-satunya yang bekerja selain kapten kapal, mimpinya adalah menjadi warga tetap di Australia.

Namun nasibnya berubah drastis bulan Februari lalu, ketika sebagai mobil yang ditumpanginya mengalami kecelakaan berat di Toogoolawah di Queensland Tenggara.

Akibat kecelakaan itu bagian bawah tubuhnya lumpuh.

Ia harus menjalani rehabilitasi selama tujuh bulan di Rumah Sakit Princess Alexandra di Brisbane.

Eric berhak mendapatkan kompensasi, berdasarkan aturan di Australia bernama NIISQ, yang dimaksudkan membantu korban kecelakaan berat lalu lintas. Tapi skema itu tidak membantu membayar tempat tinggalnya sampai dia sembuh lagi.

Karena tidak bisa bekerja dan tidak memiliki tempat untuk tinggal, Eric menghadapi kemungkinan dideportasi setelah keluar rumah sakit, Kamis besok (6/10).

Menghadapi kemungkinan tidak adanya rumah yang ramah difabel dan akses terbatas bagi rehabilitasi di Kepulauan Solomon, Eric memohon kepada pihak berwenang agar diperbolehkan tinggal di Australia.

Seorang pekerja asal Kepulauan Solomon terancam dideportasi dari Australia, setelah ia mengalami kecelakaan berat dan menyebabkan lumpuh serta tidak bisa bekerja lagi

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News