Pelabuhah Liang Terdampak Gempa Ambon, Kemenhub Bakal Segera Renovasi

Pelabuhah Liang Terdampak Gempa Ambon, Kemenhub Bakal Segera Renovasi
Ilustrasi gempa bumi. Foto : Pixabay

jpnn.com, AMBON - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bandara dan pelabuhan di Ambon bisa berfungsi normal pascagempa kemarin.

Sebagai informasi, Kota Ambon mengalami gempa dengan kekuatan M 6.8 pada Kamis (26/9) pukul 08.46 WIT.  Menurut informasi dari BMKG hingga pukul 12.00 WIT telah terjadi 264 kali gempa susulan, 42 di antaranya dirasakan oleh masyarakat sekitar.

"Terkait Pelabuhan, saya sudah menugaskan Dirjen Perhubungan Laut untuk melihat seluruh fasilitas pelabuhan. Laporannya tidak ada kerusakan yang berarti. Ada sedikit retakan pada bangunan pelabuhan dan bandara, tetapi masih bisa berfungsi sebagaimana mestinya," ujar Budi, di Ambon, Jumat (27/9).

Budi bersama Gubernur Maluku Murad Ismail dan perwakilan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan peninjauan ke Universitas Pattimura yang mengalami kerusakan di beberapa ruas bangunan akibat gempa yang melanda kota Ambon.

"Sebelumnya saya memang ada kunjungan ke Indonesia bagian Timur, dari Makasar, Manokwari, Jayapura dan Ambon. Saya sebenarnya ke Ambon untuk koordinasi dengan Pak Gubernur tentang pengembangan sejumlah infrastruktur transportasi di sana, tetapi karena sekarang ini emergency ada gempa, kami mendahulukan mewakili pemerintah pusat untuk mengamati dan mengecek kondisi pascagempa disini," jelas Budi.

Usai meninjau lokasi, Budi langsung berkoordinasi dengan Menteri PUPR untuk memastikan langkah lanjutan penanganan kerusakan gedung itu. Budi juga mengatakan bahwa kerusakan yang ada di Universitas Pattimura tidak terlalu signifikan dalam arti struktur bangunannya masih bagus.

"Setelah kami lihat kerusakannya menurut hemat kami tidak signifikan, artinya struktur itu masih bagus. Tapi kami tadi lapor ke Menteri PUPR dan beliau akan mengirimkan tim hari ini jadi besok mulai bekerja. Nanti tim tersebut yang akan menetapkan apakah gedung itu layak digunakan atau tidak," jelas Budi.

Di tempat yang sama, Dirjen Perhubungan Laut Agus H. Purnomo mengatakan, satu pelabuhan yang terkena dampak gempa yaitu Pelabuhan Penyeberangan Liang. Namun semua masih dapat berfungsi dengan normal hanya perlu diperbaiki sedikit.

Artinya struktur itu masih bagus. Tapi kami tadi lapor ke Menteri PUPR dan beliau akan mengirimkan tim hari ini jadi besok mulai bekerja. Nanti tim tersebut yang akan menetapkan apakah gedung itu layak digunakan atau tidak,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News