Pelabuhan Cirebon Masih Sepi

Pelabuhan Cirebon Masih Sepi
Pelabuhan Cirebon Masih Sepi

jpnn.com - CIREBON - Aktivitas Pelabuhan Cirebon, sebagai salah satu titik mudik di jalur laut pantura masih terbilang sepi.

Pelabuhan Cirebon baru menerima satu kapal motor penumpang (KMP) yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju Tegal, Jumat (25/7).

Pantauan Radar Cirebon (Grup JPNN) Sabtu (26/7), tidak ada aktivitas pemudik yang menggunakan jalur laut, baik yang melintas ataupun yang bersandar di Pelabuhan Cirebon.

Hanya terdapat beberapa kapal pengangkut batubara dan sembako yang tengah bersandar. Salah seorang petugas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Cabang II Cirebon, M Yusuf Bachtiar mengatakan, baru ada satu kapal pemudik yang bersandar di pelabuhan.

Itu pun datangnya mendadak dan tidak sesuai dengan jadwal. "Awalnya dijadwalkan bersandar jam 2 pagi hari Jumat, namun baru sampai ke sini sekitar jam 12 siang," terangnya.

Menurutnya, kapal tersebut hanya singgah sebentar di pintu Pelabuhan Muara Jati 2. Kapal tersebut menurunkan beberapa penumpang dan juga menaikkan penumpang yang menuju ke Jawa Tengah. "Selanjutnya, kapal akan menuju ke Tegal," terangnya.

Dia juga menjelaskan, ini pertama kalinya kapal motor penumpang bersandar ke Pelabuhan Cirebon. Seperti diketahui, Menhub EE Mangindaan pernah menyebutkan Pelabuhan Cirebon telah ditetapkan menjadi titik mudik pada tahun ini.

Masih menurut Yusuf, saat ini status Pelabuhan Cirebon sebagai salah satu titik mudik memang baru pertama digunakan sebagai titik mudik dan masih tahap uji coba. Sehingga, aktivitas pemudik masih nampak sepi. Selain itu, minat masyarakat mudik menggunakan kapal laut masih sangat minim.

CIREBON - Aktivitas Pelabuhan Cirebon, sebagai salah satu titik mudik di jalur laut pantura masih terbilang sepi. Pelabuhan Cirebon baru menerima

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News