JPNN.com

Pelajar Indonesia Panen Medali di Olimpiade Informatika Internasional

Sabtu, 26 September 2020 – 17:33 WIB
Pelajar Indonesia Panen Medali di Olimpiade Informatika Internasional - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) berhasil meraih medali emas pada Ajang International Olympiad in Informatics (IOI) Tahun 2020.

Meski diselenggarakan secara virtual untuk pertama kalinya, tim Indonesia telah membuktikan ketangguhannya dengan memenangkan 1 medali emas, 1 medali perak, dan 2 medali perunggu.

Prestasi itu menempatkan Indonesia pada peringkat ke-13 dari 87 negara.

“Prestasi dunia anak-anak Indonesia terus bertambah melalui IOI. Kami semua berbangga dan menyambut gembira prestasi ini lebih-lebih semua masih dalam situasi pandemi,” kata Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Asep Sukmayadi, Sabtu (24/9).

TOKI adalah sebuah tim yang terdiri dari empat siswa/siswi sekolah menengah yang dipersiapkan untuk menghadapi kompetisi IOI yang diselenggarakan setiap tahun.

IOI merupakan olimpiade sains di bidang informatika khususnya pemrograman yang diselenggarakan setiap tahun. IOI dilaksanakan secara daring pada 13-19 September 2020.

Singapura bertindak sebagai tuan rumah untuk IOI ke-32 ini.  Bersaing dengan 347 peserta lain dari berbagai negara, delegasi Indonesia berhasil meraih empat medali.

Bahkan Pikatan Arya Bramajati, peraih medali emas dari Indonesia berhasil menempati posisi ke-13 dengan nilai total 529,43 dari total nilai maksimal 600.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha