Pelajar RI Sabet Dua Emas Olimpiade Kimia Internasional

Pelajar RI Sabet Dua Emas Olimpiade Kimia Internasional
Pelajar RI Sabet Dua Emas Olimpiade Kimia Internasional
JAKARTA--Pelajar Indonesia meraih prestasi terbaiknya dalam ajang International Chemistry Olympiad (IChO) ke-43 pada 9-19 Juli 2011 di Ankara, Turki. Tim Indonesia meraih dua medali emas dan dua medali perak. Perolehan medali ini menempatkan Indonesia di peringkat kelima dari 70 negara peserta.

Medali emas masing-masing diraih oleh Stephen Haniel Yuwono, siswa SMAN 1 Purwokerto, Jawa Tengah dan Joses Gradi Nathanael, siswa SMAK BPK Penabur Gading Serpong. Dua medali perak masing-masing diraih oleh Andhika Tangguh Pradana, siswa SMA Karisma Bangsa, Tangerang, dan Alimatun Nashira, siswa SMAN 1 Yogyakarta.

"Ini merupakan prestasi tertinggi dalam Olimpiade Kimia Internasional yang diraih Indonesia," ujar Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas (SMA) Ditjen Pendidikan Menengah Kemdiknas, Totok Suprayitno, di Jakarta, Jumat (22/7).

Totok mengatakan, sesuai peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas), peraih medali dalam olimpiade internasional berhak mendapatkan beasiswa dari Kemdiknas untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri. Peraih medali perunggu berhak mendapat beasiswa untuk gelar sarjana, peraih medali perak berhak mendapatkan beasiswa hingga gelar master, dan peraih medali emas berhak mendapatkan beasiswa hingga gelar doktor.

JAKARTA--Pelajar Indonesia meraih prestasi terbaiknya dalam ajang International Chemistry Olympiad (IChO) ke-43 pada 9-19 Juli 2011 di Ankara, Turki.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News