Pelajaran Dari Jamaikan

Pelajaran Dari Jamaikan
Pelajaran Dari Jamaikan
JAKARTA – Tujuh emas yang direbut cabang atletik dari SEA Games 2007 tidak membuat PB PASI besar kepala. Menjelang SEA Games 2009 Laos, mewaspadai kebangkitan negara lain. Mereka berkaca dari tumbangnya dominasi Amerika Serikat oleh negera mungil Jamaika di Olimpiade Beijing 2008 lalu. ”Negara lain terus berbenah, seperti haklnya kami yang berusaha terus meningkatkan kualitas. Kami tidak mau terlalu memastikan bisa menjaga prestasi itu,” kata Bob Hasan, ketua umum PB PASI, Kamis (18/9).

Atletik begitu diharapkan bisa menyumbang emas karena tuan rumah Laos hanya melombakan 22 cabang saja. Kecuali bulu tangkis, banyak dari cabang tersebut yang bukan sepesialisasi atlet Indonesia. Demi menjaga daya saing kontingen Merah Putih, harapan emas yang bisa disumbangkan atletik pun meningkat. Atletik dan bulutangkis sangat mungkin menjadi cabang olahraga (cabor) pendulang medali emas terbanyak di Sea Games Laos 2009 mendatang. Itu berdasar perolehan dua cabor tersebut di ajang Sea Games 2007 Thailand yang masing-masing berhasil merengkuh tujuh medali emas.

Dia Laos, tidak banyak cabor yang bisa diandalkan Indonesia untuk memborong medali. Itu karena tuan rumah sementara ini hanya memilih 22 cabor yang kebanyakan bukan andalan Indonesia. Bob Hasan, ketua umum PB PASI, yang ditemui kemarin (18/9) mengaku tidak mau terlalu pusing dengan hal itu. ”Kami terus menjalankan latihan seperti biasa. Program-program yang ada harus terus dijalankan atlet untuk meraih hasil yang terbaik. Saya tidak bisa menjelaskan hitung-hitungan bahwa tujuh emas yang sudah didapat bisa dipertahankan bahkan bertambah,” ucapnya.

Hasan menjelaskan fakta moncernya prestasi Jamaika yang berhasil menggusur dominasi Amerika Serikat di nomor sprint sebagai acuan. Dia menilai negara-negara lain juga terus berbenah. ”Kami terus meningkatkan kualitas begitupula yang negara yang lain. Kami tidak mau terlalu memastikan bisa menjaga prestasi itu,” ucapnya.

JAKARTA – Tujuh emas yang direbut cabang atletik dari SEA Games 2007 tidak membuat PB PASI besar kepala. Menjelang SEA Games 2009 Laos, mewaspadai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News