Pelaksana Otda Sisakan Masalah

Pelaksana Otda Sisakan Masalah
Pelaksana Otda Sisakan Masalah

jpnn.com -  JAKARTA - Sejumlah masalah masih terjadi dalam pelaksanaan otonomi daerah (Otda). Salah satunya adalah masih adanya inkonsistensi antara kebijakan dasar desentralisasi dengan kebijakan pemerintah lainnnya. Setelah keluarnya undang-undang tentang pemerintahan daerah, seluruh

kebijakan yang ditetapkan sebelum atau sesudahnya seharusnya disesuaikan dengan lebijakan dasar pengelolaan negara yang telah menerapkan sistem desentralisasi.

"Namun kenyataannya masih banyak produk perundang-undangan yang belum disesuaikan," kata Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Prof. Dr. Ir. Ginandjar Kartasasmita dalam sidang paripurna khusus DPD RI, Jumat (22/8).

Ginandjar mengatakan, persoalan lain yang muncul adalah terjadinya benturan antara provinsi dan kabupaten/kota. Ini terjadi karena belum jelasnya delinasi berbagai kewenangan otonomi antara dua tingkat otonomi tersebut.

Kemudian kewenangan yang diberikan kepada pemerintah daerah hanya efektif bila dijalankan dengan prinsip-prinsip pengelolaan pemerintahan yang baik. "Sementara masih banyak daerah yang belum memiliki tradisi, pengalaman dan pengetahuan mengenai tata kelola pemerintahan," papar Ginandjar. (ais)



Berita Selanjutnya:
SBY Semprot Dua Menterinya

!-- @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } -->  JAKARTA - Sejumlah masalah masih terjadi dalam pelaksanaan otonomi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News