Pelaku Industri Gencar Ekspansi ke Luar Jawa

Pelaku Industri Gencar Ekspansi ke Luar Jawa
Ilustrasi pekerja industri. Foto: Rakyat Kalbar/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebutkan, kawasan industri logistik dan warehouse menjadi bagian utama dalam implementasi Revolusi Industri 4.0.

Menurut politikus Partai Golkar itu, demand dua sektor tersebut sangat tinggi.

’’Smart logistic menjadi bagian yang perlu diperhitungkan untuk meningkatkan kluster industri,’’ kata Airlangga di Jakarta, Kamis (1/11).

Sementara itu, Ketua Umum HKI Sanny Iskandar mengatakan, perkembangan kawasan industri dari waktu ke waktu terus menunjukkan peningkatan.

Saat ini pelaku usaha berupaya mengarahkan pengembangan kawasan industri ke luar Jawa.

”Harapannya, dapat memacu pertumbuhan hilirisasi industri di berbagai daerah. Terutama daerah-daerah yang memiliki potensi sumber daya alam. Baik yang berbasis agro maupun tambang,’’ ucap Sanny.

Sanny menjelaskan, kawasan industri modern dirancang sedemikian rupa agar memiliki infrastruktur dan fasilitas yang terintegrasi untuk membantu pengembangan dan operasional kebutuhan industri di dalamnya.

’’Peran serta pemerintah dan penyedia infrastruktur sangat diperlukan dalam penyusunan perencanaan pengembangan kawasan industri,’’ tutur Sanny.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebutkan, kawasan industri logistik dan warehouse menjadi bagian utama dalam implementasi Revolusi Industri 4.0.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News