Pelantikan Bupati KLU Ditunda

Pelantikan Bupati KLU Ditunda
Pelantikan Bupati KLU Ditunda
JAKARTA— Prosesi upacara peresmian Kabupaten Lombok Utara (KLU) sekaligus pelantikan penjabat sementara (Pjs) Bupati KLU yang rencananya akan berlangsung di Depdagri Jakarta Pusat, Rabu (19/11) kemarin, terpaksa ditunda. Hal ini, mengingat padatnya agenda Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Mardiyanto.

jpnn.com - Wakil Ketua Komite Pemekaran KLU, H Najmul Akhyar pada JPNN di Jakarta, Kamis (20/11) menyatakan, memang menurut informasi awal dari pihak Depdagri ketika diadakan pertemuan segi tiga, Pemkab Lombok Barat (Lobar), Pemprov NTB dan Depdagri di Jakarta baru-baru ini, dihasilkan sebuah kesepakatan untuk melakukan peresmian KLU sekaligus pelantikan Pjs bupati KLU yang rencananya akan dilaksanakan di Jakarta, pada Rabu (19/11). Namun, belakangan kesepakatan tersebut belum dapat terlaksana sepenuhnya, mengingat padatnya agenda Mendagri Mardiyanto.

''Karena pak menteri sendiri tidak mau diwakili dalam hal meresmikan kabupaten baru dan melantik penjabat daerah baru. Jadi, pak menteri terpaksa menunda dulu jadwalnya,'' kata H Najmul Akhyar.

Sehingga, Rabu (19/11) kemarin, pihaknya (Komite Pemekaran KLU, Red) bersama calon Pjs Bupati KLU, HL Bakri dan Plh Bupati Lobar H Izzul Islam menghadap ke Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otoda) Depdagri, Dr Sodjuangon Situmorang.

Pada pertemuan yang berlangsung sejak pukul 12.00 WIB hingga 13.30 WIB, Sodjuangon Situmorang mengaku akan mengupayakan secepatnya untuk meresmikan KLU sekaligus melantik Pjs bupati KLU.

Hanya saja, Sodjuangon Situmorang belum bisa memastikan kapan waktu yang pasti untuk dilaksanakan prosesi upacara peresmian KLU sekaligus pelantikan Pjs bupati KLU tersebut.

''Mungkin setelah pelantikan bupati Tanah Toraja, baru bisa kami laksanakan. Karena rencana pelantikan bupati Tanah Toraja akan digelar tanggal 26 Nopember nanti,'' kata Sodjuangon Situmorang.

Berarti, jika tidak ada aral melintang, bisa jadi prosesi upacara peresmian KLU sekaligus pelantikan Pjs bupati KLU bisa dilaksanakan pada akhir bulan Nopember ini, atau setidaknya pada awal Desember nanti.

Sementara itu, Plh Bupati Lobar H Izzul Islam saat dikonfirmasi JPNN menginginkan prosesi upacara peresmian sekaligus pelantikan Pjs bupati KLU segera dilaksanakan. Hal ini penting, berkaitan dengan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang saat ini telah dipisahkan antara Pemkab Lombok Barat (Lobar) dengan KLU.

JAKARTA— Prosesi upacara peresmian Kabupaten Lombok Utara (KLU) sekaligus pelantikan penjabat sementara (Pjs) Bupati KLU yang rencananya akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News