Pelatih Izinkan Keluarga Temui Pemain

Pelatih Izinkan Keluarga Temui Pemain
DUKUNGAN - Pemain timnas Indonesia, Arif Suyono (kiri) dan Benny Wahyudi, saat berlatih. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos.
JAKARTA - Tim pelatih Indonesia menerapkan peraturan cukup longgar kepada pemain. Demi menumbuhkan semangat dan mengurangi stres, pelatih memperbolehkan keluarga pemain menemui pemain di hotel tempat tim menginap.

Bahkan, tim pelatih tidak akan melarang jika ada anggota keluarga pemain yang menginap di hotel yang sama. Padahal, banyak pelatih yang membuat kebijakan, keluarga dilarang menemui pemain saat menghadapi berlaga di sebuah even penting.

"Tapi, tetap ada batasan-batasan yang kami berikan. Di antaranya, pukul 22.00 WIB, pemain harus sudah ada di kamarnya masing-masing," kata Wolfgang Pikal, asisten pelatih timnas, kemarin (3/12).

Menurutnya, tim pelatih memahami jika pemain tidak hanya butuh dukungan dari suporter untuk mempersembahkan yang terbaik. Pemain, lanjut Pikal, juga butuh dukungan batin secara langsung dari orang tersayang. "Para pemain juga manusia. Kami sangat memahani kebutuhan psikologis dan batin mereka," lanjut pria asal Austria ini.

JAKARTA - Tim pelatih Indonesia menerapkan peraturan cukup longgar kepada pemain. Demi menumbuhkan semangat dan mengurangi stres, pelatih memperbolehkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News