Pelatih Persiba Balikpapan Terapkan Metode Baru

Pelatih Persiba Balikpapan Terapkan Metode Baru
Skuat Persiba Balikpapan saat jalani sesi latihan. Foto: kaltimpost/jpg

jpnn.com, BALIKPAPAN - Pelatih fisik Persiba Balikpapan Sofie Imam Faizal memutar otak untuk meningkatkan performa pemain Beruang Madu yang akan menghadapi jadwal cukup padat.

Dan alternatif dari hasil evaluasi, selama dua pekan ini Imam akan memakai metode dari Profesor Victor Frade. Metode ini disebut Imam menggunakan game kecil atau game model dengan bermain intensitas tinggi untuk meningkatkan fisik pemain.

Imam menyebut, metode ini punya beberapa kelebihan lantaran membuat situasi latihan seperti di pertandingan. Di mana latihan selalu dengan intensitas tinggi.

Lewat metode ini, dijelaskan Imam, daya tahan aerobik permainan dapat dicapai. Pasalnya, dalam sepak bola pemain dituntut bisa berpikir dalam keadaan kelelahan. Pemain harus mampu tetap berpikir untuk mengatasi taktik dari lawan saat kelelahan. Dari segi recovery juga berbeda dengan yang dulu.

“Kalau dulu hanya secara fisiologis. Saya akan melakukan recovery secara fisiologis dan psikis. Kenapa psikis perlu di recovery karena pemain harus dituntut bugar dalam hal pikiran. Karena saat pertandingan akan dituntut untuk berpikir ekstra,” ujar Imam.

“Sepak bola bukan soal fisik saja, tapi pemain juga harus cerdas. Kalau fisik saja yang bagus, mending jadi pelari,” ungkap Imam.

Disinggung kondisi fisik pemain setelah liburan, Imam mengaku, secara keseluruhan pemain dalam kondisi baik.

“Kemarin sudah kami lakukan tes daya tahan kardiovaskular. Hasilnya masih bagus. Ini karena memang pemain sudah mempunyai daya tahan aerobik atau kardiovaskular bagus di awal persiapan dulu,” ujarnya sambil menambahkan, penyakit kardiovaskular atau cardiovascular disease (CVD) adalah penyakit yang berkaitan jantung dan pembuluh darah.

Pelatih fisik Persiba Sofie Imam Faizal memutar otak untuk meningkatkan performa pemain Beruang Madu yang akan menghadapi jadwal cukup padat musim ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News