Pelatihan Bisnis Kewirausahaan-Magang Lahirkan Petani Milenial Unggul

Pelatihan Bisnis Kewirausahaan-Magang Lahirkan Petani Milenial Unggul
Pelatihan keterampilan bisnis kewirausahaan dan magang angkatan dua di Lembang, Bandung. Foto: BPPSDMP Kementan

jpnn.com, LEMBANG - Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nurysamsi mengatakan keberadaan P4S sangat penting dalam melahirkan para petani milenial.

"Itu yang kemudian mendasari digelarnya program pelatihan keterampilan bisnis kewirausahaan dan magang melalui program IPDMIP (Integrated Participatory Development and Management Irrigation Program). Kami optimistis melahirkan para petani milenial yang unggul," ujar Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/10).

Menurut Dedi, P4S sebagai pusat pembelajaran dari petani untuk petani memegang peranan penting dalam pembangunan pertanian.

"Khususnya dalam memenuhi kecukupan kebutuhan pangan rakyat Indonesia. Pengembangan Pertanian modern dengan memanfaat teknologi informasi harus senantiasa dilakukan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian petani, walaupun kita masih didera wabah Covid 19," ujar dia.

Dedi berharap sistem ini dapat direplikasi ke seluruh wilayah Indonesia.

"P4S sebagai pusat pembelajaran bagi petani harus mampu terus menerus berkreativitas untuk peningkatan kuantitas dan kualitas produk pertanian dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi. Sehingga muncul banyak pemuda tani atau petani milenial yang kreatif dan inovatif lainnya dalam mengembangkan usaha di sektor pertanian," kata Dedi.

Adapun P4S sendiri merupakan lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki, dan dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok.

Terkait pelatihan keterampilan bisnis kewirausahaan dan pelatihan keterampilan bisnis kewirausahaan magang angkatan dua, giat tersebut sukses dilaksanakan pada 25-29 September 2021 dan lanjut 30 September-9 Oktober 2021. Pelatihan berlangsung di BBPP Lembang dan Magang di P4S Lembang Agri, Lembang, Bandung, dengan diikuti 21 peserta yang berasal dari berbagai daerah.

BPPSDMP menggelar pelatihan bisnis kewirausahaan dan magang untuk melahirkan petani milenial yang unggul.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News