Pelestarian Budaya Betawi Belum Maksimal

Pelestarian Budaya Betawi Belum Maksimal
Pelestarian Budaya Betawi Belum Maksimal
BUDAYA Betawi saat ini terancam kelestarianya. Sebab, banyak masyarakat utamanya generasi muda yang kurang peduli dan lebih mengutamakan kebudayaan dari negara lain. Hal ini tentu cukup memprihatinkan dan harus secepatnya dicarikan solusinya.

“Kecintaan pada budaya peninggalan leluhur ini harus kembali ditingkatkan. Caranya dengan pengenalan sejak dini melalui sekolah-sekolah,” kata Budi Santoso, anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, saat bertemu dengan warga Jakarta Utara, Rabu (13/7).

Budi berharap, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih aktif dalam pengelolaan kekayaan budaya yang dimiliki. Caranya, dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat

baik lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi kepemudaan, serta pelajar. Sebab, budaya pada hakekatnya tumbuh dan berkembang pada ranah masyarakat pendukungnya.

“Elemen masyarakat harus lebih ditingkatkan keterlibatanya dalam pengelolaan budaya daerah. Karena dengan begitulah, budaya tersebut akan tetap lestari,” ujarnya.

BUDAYA Betawi saat ini terancam kelestarianya. Sebab, banyak masyarakat utamanya generasi muda yang kurang peduli dan lebih mengutamakan kebudayaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News