JPNN.com

Pelindo III Fokus Efisiensi Biaya Logistik

Senin, 12 September 2016 – 11:18 WIB
Pelindo III Fokus Efisiensi Biaya Logistik - JPNN.com
Ilustrasi. Foto: IST

SURABAYA –Pelindo Marine Service (PMS) menyelesaikan penugasan salvage atau penyelamatan dan pengangkatan kapal di laut. PMS adalah anak usaha PT Pelindo III.

PMS mendapat tugas dari Syahbandar Utama Tanjung Perak atas pengangkatan bangkai kapal motor penumpang (KMP) Wihan Sejahtera. Tuntasnya pekerjaan tersebut mendorong kelancaran arus lalu lintas kapal di perairan pelabuhan Tanjung Perak.

Dirut PMS Chairoel Anwar menyatakan, kapal tersebut tenggelam pada November 2015. Salvage dilakukan dalam jangka waktu tiga bulan. Pengerjaannya dimulai dengan penyedotan bahan bakar di bangkai kapal.

Tujuannya, perairan tidak tercemar karena sisa oli dan bahan bakar di dalam kapal. Aktivitas itu terbilang sulit. Apalagi, arus di perairan yang kencang menjadi kendala.

”Kami menerjunkan tim penyelam yang harus memasukkan selang di tempat tersimpannya oli dan bahan bakar. Setelah memastikan kosong, dilanjutkan proses scrapping atau pemotongan kapal. Kami mendatangkan alat salvage grabber crane dari Jakarta yang memiliki kemampuan meremas bangkai kapal dan isinya hingga 100 ton,” ujarnya kemarin (11/9).

Kendala dialami ketika salvage grabber crane mengambil bangkai kapal di kedalaman dua meter dari dasar laut. Menurut dia, para nelayan juga turut mengambil barang yang mengambang di sekitar tempat pengangkatan. ”Meski demikian, secara keseluruhan, salvage berjalan lancar. Kami nyatakan zero accident,” tutur Chairoel.

Kepala Kantor Syahbandar Utama Tanjung Perak Hari Setiobudi mengapresiasi pengangkatan kapal tersebut. Dengan demikian, pengoperasian pelabuhan, terutama arus masuk dan keluar kapal, bisa lebih lancar. ”Semoga ke depan, tidak ada lagi kecelakaan kapal tenggelam,” tambahnya.

Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto menyatakan, dengan selesainya pengangkatan bangkai kapal itu, salah satu dari upaya perseroan untuk meningkatkan kelancaraan arus barang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Perak telah tercapai.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...