Pelindo III Gelar Rapid Test Gratis Hingga Ujung Pulau Madura

Pelindo III Gelar Rapid Test Gratis Hingga Ujung Pulau Madura
Pelindo III gelar rapid test gratis di pelabuhan. Foto dok Pelindo III

jpnn.com, JAWA TIMUR - Rapid test Covid-19 gratis yang digelar oleh Pelindo III terus menjangkau berbagai wilayah di Jawa Timur. Kini, giliran masyarakat pesisir dan calon penumpang kapal di ujung Pulau Madura yang mendapatkan bantuan tersebut.

Para warga yang berada di sekitar Pelabuhan Kalianget Sumenep dan para calon penumpang pada Kamis (4/6) tampak antusias mengikuti program tersebut.

Dengan memberlakukan protokol kesehatan Covid-19 ketat dan dibantu oleh petugas keamanan dari TNI/Polri, tim medis dari KKP setempat dan Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Daerah Sumenep melayani rapid test calon penumpang di Pelabuhan Kalianget Sumenep Madura.

Sebanyak 3.500 alat rapid test gratis pun disiapkan oleh Pelindo III untuk melayani proses rapid test para calon penumpang sesaat sebelum mereka berpergian ke Pelabuhan Jangkar Situbondo.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo 3 Toto Heliyanto menjelaskan pelaksanaan rapid test gratis yang diselenggarakan oleh pihaknya kini difokuskan pada wilayah–wilayah luar yang memiliki akses cukup jauh dengan fasilitas kesehatan, terutama rujukan Covid-19.

Harapannya, langkah ini memperkuat upaya pemerintah menekan penyebaran pandemi tersebut. Terlebih, Pelabuhan Kalianget merupakan salah satu pintu masuk di Madura.

“Kami terus berupaya menjangkau lokasi lokasi yang mungkin belum mendapat fasilitas rapid test secara masif. Salah satunya di kawasan Pelabuhan Kalianget Madura ini. Harapannya program ini bisa memberikan menekan penyebaran pandemi di Sumenep sekaligus mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli kesehatan dengan pendeteksian dini seperti saat ini,” ungkap Toto.

Pada kesempatan berbeda, Bupati Sumenep KH. Abuya Busyro Karim menyampaikan apresiasinya kepada Pelindo 3 karena telah menyelenggarakan program tersebut.

Pelindo III terus berkoordinasi dengan gugus tugas dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur membahas teknis pelaksaan bantuan 50 ribu rapid test massal gratis tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News