Kamis, 18 Oktober 2018 – 10:08 WIB

Pelindo III Libatkan Pihak Swasta

Sabtu, 27 Januari 2018 – 16:54 WIB
Pelindo III Libatkan Pihak Swasta - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - PT Pelindo III berinisiatif melibatkan beberapa pihak swasta untuk memacu produktivitas komoditas non-petikemas.

Ada dua perusahaan swasta yang bersinergi dengan Pelindo III untuk menggarap sektor non-petikemas, yaitu PT Optima Sinergi Comvestama sebagai mitra pengembangan terminal liquefied natural gas (LNG) di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan PT Gresik Jasatama sebagai mitra pengelolaan fasilitas pelabuhan untuk terminal log dan barang curah di Pelabuhan Gresik.

Sementara itu dalam hal pengembangan kawasan industri, Pelindo III menggandeng PT Kawasan Industri Kenda untuk mengembangkan Kawasan Industri Kendal (KIK) termasuk di dalamnya adalah kerja sama di bidang logistik, jasa kepelabuhanan, dan jasa terkait lainnya di Pelabuhan Kendal yang disiapkan untuk bertaraf Internasional.

Satu lagi kerja sama dijalin dengan Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura (BPWS) dilibatkan untuk melakukan studi pengembangan Pelabuhan Tanjung Bulupandan. Lingkupnya adalah pengembangan kawasan di kaki jembatan sisi Surabaya dan Madura serta kawasan khusus di utara Pulau Madura.

“Kami bernisiatif mengambil langkah korporasi untuk melibatkan pihak swasta untuk memacu produktivitas komoditas non-petikemas di pelabuhan sekaligus mendorong percepatan pengembangan kawasan industri di sejumlah daerah," ujar President Director Pelindo III, IG. N. Askhara Danadiputra.

Lebih rinci, Ari menjelaskan kerja sama yang dilakukan Pelindo III dan PT Optima Sinergi Comvestama meliputi pengembangan dan pengoperasian terminal LNG serta pasokan LNG, penyediaan jasa logistik, hingga peningkatan kompetensi pegawai dalam hal pengelolaan gas.

Sedangkan dengan PT Gresik Jasatama, kerja sama akan berkutat pada optimalisasi terminal log dan barang curah di Pelabuhan Gresik.(chi/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar