Pelindo III Manfaatkan Listrik PLN untuk Layani Kapal

Pelindo III Manfaatkan Listrik PLN untuk Layani Kapal
Pelindo III melakukan Memorandum of Understanding (MoU) bersama PLN untuk pemanfaatan surplus energi listrik untuk dipergunakan melalui shore connection. Foto dok Pelindo III

jpnn.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III terus berupaya untuk menekan biaya logistik agar daya saing produk nasional meningkat. Salah satu caranya yakni lewat pemasangan shore connection di semua wilayah pelabuhan di bawah pengelolaan Pelindo III.

Shore connection merupakan jaringan listrik dari darat yang dipasang di dermaga dipergunakan untuk kapal yang bersandar di pelabuhan. 

Fasilitas ini digunakan untuk menggantikan sumber energi kapal yang sebelumnya menggunakan mesin kapal berbahan bakar minyak menjadi sumber energi listrik.

“Hari ini kami menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama PLN untuk pemanfaatan surplus energi listrik PLN untuk kami pergunakan melalui shore connection, ini adalah bentuk sinergi BUMN, salah satu upaya untuk menekan biaya logistik untuk menaikkan daya saing logistik,” kata Direktur Utama Pelindo III Doso Agung.

Dengan memanfaatkan shore connection, maka otomatis kata Doso, kebutuhan BBM kapal akan berkurang saat sandar di pelabuhan.

"Dan saat ini kami juga sedang melakukan penjajakan untuk menggunakan shore connection di pelabuhan atau terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS),” imbuh Doso.

Dengan menggunakan energi listrik untuk kapal tersebut, terbukti bisa memberikan tingkat efisiensi atau penghematan untuk kapal hingga 30-40 persen dan mempercepat kegiatan bongkar muat yang menggunakan crane kapal, dari semula 4-5 hari kini menjadi 3-4 hari saja.

Selain itu, inovasi tersebut juga mendukung program pemerintah terkait pengurangan polusi udara dan polusi suara di Kawasan pelabuhan.

Fasilitas ini digunakan Pelindo III untuk menggantikan sumber energi kapal yang sebelumnya menggunakan mesin kapal berbahan bakar minyak menjadi sumber energi listrik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News