Pelni Targetkan Pemudik Pengguna Kapal Naik 7 Persen

Pelni Targetkan Pemudik Pengguna Kapal Naik 7 Persen
Pelni Targetkan Pemudik Pengguna Kapal Naik 7 Persen

jpnn.com - JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero menargetkan jumlah pemudik 2014 yang menggunakan moda transportasi kapal miliknya naik 7 persen. Jika pada 2013 pemudik yang menggunakan kapal PT Pelni 708.782 jiwa, maka tahun ini targetnya bisa mengangkut sekitar 757 ribu jiwa.

"Jika melihat perbandingan kenaikan dari tahun-tahun lalu, diprediksikan kenaikan jumlah penumpang lebaran dapat naik tujuh persen," kata Direktur Operasi PT Pelni Setyobudi Santoso di Jakarta Senin (12/5).

Perusahaan pelat merah ini optimistis bisa menaikkan jumlah penumpang, meskipun per 15 Mei nanti tarif kapal ekonomi naik 20 persen. 

"Kenaikan tarif ini sudah lama, terakhir kita naikkan pada 2009. Tapi kenaikan tarif itu diiring dengan meningkatnya kualitas dan jasa pelayanan yang diberikan untuk penumpang," ujar dia.

Dia menuturkan, pada 2014 PT Penli sudah menyiapkan 25 armada kapal penumpang untuk periode arus mudik dan arus balik lebaran pada 13 Juli hingga 13 Agustus 2014. Kapasitas dari seluruh kapal Pelni, kata dia mencapai 45.625 penumpang. 

"Namun, tentunya ada penambahan kapal-kapal bila memang dibutuhkan," katanya.

Seluruh kapal, ujarnya, dalam kondisi siap beroperasi. Sebagian kapal yang rusak, sudah diperbaiki dan dia menjamin tidak ada perbaikan kapal saat arus mudik dimulai. (ant/rr/mas)

JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Persero menargetkan jumlah pemudik 2014 yang menggunakan moda transportasi kapal miliknya naik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News