Peluang Triliunan Rupiah Untuk Kesejahteran Pekebun

Peluang Triliunan Rupiah Untuk Kesejahteran Pekebun
Ilustrasi. Foto: dok/JPG

jpnn.com - jpnn.com -Potensi trilliunan rupiah dapat diraih oleh setiap daerah untuk meningkatkan kesejahteraaan petani pekebun, bila kita mampu meningkatkan produktivitas dan merehabilitasi kebun kebun petani yang ada saat ini” demikian disampaikan oleh

Direktur Jenderal Perkebunan, Ir Bambang MM mengatakan potensi trilliunan rupiah bisa diraih oleh setiap daerah untuk meningkatkan kesejahteraaan petani pekebun, bila produktivitas petani meningkat.

Hal itu dia sampaikan usai membuka pertemuan kordinasi dan konsultasi pembangunan perkebunan di Makasar, Kamis (16/2).

Bambang juga mengemukakan pentingnya membangun kesadaran dari semua pelaku pembangunan perkebunan di pusat dan daerah. “Saat ini kondisi perkebunan berada pada titik nadir yang menghawatirkan. Selain produktivitasnya yang mengalami penurunan juga tengah mengalami tekanan yang luar biasa dari pihak pihak yang tidak ingin perkebunan maju," ujar Bambang.

Oleh sebab itu di depan gubernur dan para bupati di Sulawesi Selatan, Bambang mengingatkan tentang pentingnya untuk segera memperbaiki kondisi tersebut.

"Perbaikan kondisi perkebunan harus segera dilaksanakan, dan dengan kondisi keterbatasan anggaran pemerintah, maka diperlukan kreativitas untuk mencarikan sumber-sumber pembiayan lain yang bisa dipergunakan oleh para pekebun. Hal yang bisa dilakukan misalnya adalah mulai memadukan pembangunan perkebunan dengan kegiatan agrowisata di masing-masing daerahnya atau pun membangun industri-industri kecil pengolahan hasil perkebunan di sentra perkebunan secara terpadu, misal dengan mendorong terbentuknya desa kakao di Sulawesi Selatan sebagai sentra penghasil kakao nasional," katanya.

Kepada para pelaku industri perbankan dirjen perkebunan agar meangalokasikan skim pembiayaan bagi UMKM atau KUR bagi para para pekebun. Untuk memperlancar distribusi dan tata niaga kiranya pembangunan dan perbaikan jalan desa dapat sejalan dengan keperluan jalan usaha tani di sentra sentra produksi. Dan masih banyak kreativitas lainnya yang dapat didorong untuk memperbaiki dan mempercepat pemuliha kondisi perkebunan rakyat yang ada.

"Selain melalui hal tersebut di atas, sekarang ada peluang yang dapat di tangkap oleh para pekebun sejalan dengan ulaya pemerintah untuk mampu berswasembada jagung bagi kebutuhan industri pakan ternak nasional," ujarnya.

Potensi trilliunan rupiah dapat diraih oleh setiap daerah untuk meningkatkan kesejahteraaan petani pekebun, bila kita mampu meningkatkan produktivitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News