Pemain Terbaik, Messi, Kroos, atau Robben

Pemain Terbaik, Messi, Kroos, atau Robben
Arjen Robben. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - RIO DE JANEIRO - Seiring gelaran piala dunia telah memasuki fase puncak, FIFA kemarin secara resmi merilis nama-nama pemain yang menjadi kandidat peraih predikat pemain terbaik alias peraih gelar Adidas Golden Ball.

Dari sepuluh pemain yang dirilis, dua finalis yakni Jerman dan Argentina menaruh wakil paling banyak dengan masing-masing empat dan tiga pemain. Disusul kemudian tuan rumah Brasil, Belanda dan Kolombia yang menempatkan masing-masing satu wakil.
    
Kemenangan bombastis Jerman atas tuan rumah Brazil 1-7 di partai semifinal (8/7), memang membuat Die Mannschaft julukan Jerman tampak lebih meyakinkan jelang laga final melawan Argentina dini hari nanti.

Tim besutan Joachim Loew juga mendapatkan perhatian lebih dari berbagai pengamat dan diunggulkan mampu merengkuh gelar juara dunia keempat di Brasil.
    
Maka, tidak heran bila 14 anggota tim komite teknik FIFA pimpinan Jean Paul Brigger yang bertugas menyeleksi kandidat peraih Golden Ball memasukkan empat pemain Jerman sekaligus di daftarnya. Empat pemain Jerman yang masuk nominasi adalah Mats Hummels, Toni Kroos, Philipp Lahm dan Thomas Mueller.
    
Finalis lainnya, skuad La Albiceleste julukan Argentina menjadi penyumbang terbanyak kedua di daftar kandidat. Tiga anak asuh Alejandro Sabella yang masuk list adalah Angel Di Maria, Lionel Messi dan Javier Mascherano. Ketiganya adalah motor utama permainan Argentina selama gelaran piala dunia ini.
   
Tiga pemain lain yang masuk list berasal dari dua tim semifinalis dan satu tim delapan besar. Mereka adalah Neymar (Brasil), Arjen Robben (Belanda) dan top score sementara piala dunia dengan enam gol, James Rodriguez, Kolombia.
    
Penilaian peraih predikat Golden Ball sendiri nantinya bakal dilakukan dengan cara voting. Mereka yang memiliki hak suara adalah perwakilan media yang meliput langsung gelaran piala dunia serta tim pengamat yang telah dibentuk FIFA. Nantinya akan terpilih tiga pemain terbaik yang bakal mendapatkan anugerah Golden Ball, Silver Ball, dan Bronze Ball.
   
Pada gelaran piala dunia sebelumnya di Afrika Selatan 2010 lalu, striker Uruguay, Diego Forlan berhak membawa pulang gelar Golden Ball tersebut. Sementara Wesley Sneijder (Belanda) dan David Villa (Spanyol) masing-masing meraih Silver Ball dan Bronze Ball.
    
Seiring dengan telah diumumkannya daftar kandidat, beberapa pengamat memprediksi kandidat bakal mengerucut ke dua nama. Dua nama yang dimaksud adalah Toni Kroos, Jerman dan Leonel Messi, Argentina. Ini melihat dari kontribusi keduanya yang paling stabil di setiap pertandingan sejak fase grup hingga final di tim masing-masing.
    
Namun, ada juga yang memiliki prediksi berbeda, seperti halnya pelatih Chelsea, Jose Mourinho. Pria asal Portugal tersebut menjagokan mantan anak buahnya di Chelsea yakni Arjen Robben yang bakal membawa pulang gelar tersebut.

"Saya kira Robben sudah menjadi pemain terbaik piala dunia kali ini. Dari pertandingan pertama hingga terakhir dia menunjukkan permainan dengan level yang sangat tinggi. Tidak pernah naik turun. Selalu naik," pujinya seperti dikutip Goal.com. (irr)

RIO DE JANEIRO - Seiring gelaran piala dunia telah memasuki fase puncak, FIFA kemarin secara resmi merilis nama-nama pemain yang menjadi kandidat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News