Pemakaman Jacko Telan Rp 9 M

Dipakaikan Baju Senilai Rp 300 Juta

Pemakaman Jacko Telan Rp 9 M
Foto : AP
LOS ANGELES - Michael Jackson memang tidak pernah jauh dari hal yang bombastis. Setelah kematiannya yang mendadak, kini publik dibuat tercengang oleh biaya yang harus dikeluarkan untuk upacara pemakamannya. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya Rp 9 miliar lebih. Hal itu diketahui dari sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh Pengadilan Los Angeles Selasa (10/11).

 

Jackson meninggal pada 25 Juni lalu. Namun, penghormatan untuknya dari para fans baru dilaksanakan pada 7 Juli di Staples Center LA. Setelah itu, pemakaman secara pribadi yang dihadiri keluarga dan kerabat dekat diadakan pada 3 September di Forest Lawn Glendale. Momen terakhir tersebut, tampaknya, direncanakan dengan mendadak dan menelan biaya besar.

 

Permohonan dokumen pembayaran diisi penyelenggara pemakaman untuk pengacara ibu Jackson, Katherine, hanya tiga hari sebelum jadwal pemakaman. Dalam persetujuan tersebut, terdapat catatan bahwa jika pembayaran tidak diterima oleh tempat pemakaman dan kepolisian Glendale pada 1 September, pemakaman tersebut tidak akan diproses. Namun, mereka memberi kelonggaran dengan memperbolehkan keluarga untuk membayar uang muka lebih dulu sebesar USD 49 ribu (Rp 459,8 juta). Adik Michael, Janet, yang membayar itu.

 

Total seluruh pembayaran makam di Forest Lawn dan tagihan biaya pemakaman "termasuk pembelian barang-barang lainnya untuk pembuatan makam Jacko yang supermegah" mencapai USD 855.730 (Rp 8 miliar). Itu belum termasuk berbagai keperluan lain. Yaitu, USD 35 ribu (Rp 328,5 juta) untuk pakaian pemakaman, USD 1.975 (Rp 18,5 juta) untuk pakaian pemakaman khusus keluarga, USD 2 ribu (Rp 18,8 juta) untuk kostum pembawa pengumuman, USD 3.682 (Rp 34,6 juta) untuk pembuatan foto Jacko di sebelah peti jenazah, USD 959 untuk sulaman pakaian, USD 11. 716 (Rp 110 juta) untuk undangan dan acara, USD 16 ribu (Rp 150, 5 juta) untuk bunga, USD 30 ribu (Rp 281,7 juta) untuk mobil dan pengamanan, USD 15 ribu (Rp 140,8 juta) untuk dekorator pemakaman, serta USD 21.455 (Rp 201,4 juta) untuk jamuan makan setelah pemakaman di restoran.

 

LOS ANGELES - Michael Jackson memang tidak pernah jauh dari hal yang bombastis. Setelah kematiannya yang mendadak, kini publik dibuat tercengang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News