Pemalsuan Hasil PCR di Bandara Halim Perdanakusuma, 5 Orang Ini Ditangkap

Pemalsuan Hasil PCR di Bandara Halim Perdanakusuma, 5 Orang Ini Ditangkap
Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan saat melakukan konferensi pers terkait kasus pemalsuan hasil swab PCR di Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat (23/7/2021) Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA TIMUR - Polres Metro Jakarta Timur membongkar sindikat pemalsuan hasil swab PCR di Bandara Halim Perdanakusuma, Rabu (21/7) lalu.

Polisi berhasil mengamankan 5 orang tersangka dan 2 di antaranya merupakan pengguna hasil swab PCR palsu tersebut.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan aksi sindikat itu berhasil diketahui polisi setelah menerima laporan dari masyarakat.

"Pemalsuan surat swab PCR dilakukan beberapa orang dan digunakan oleh calon penumpang yang akan berangkat menggunakan pesawat Citilink," kata Erwin di Mapolres Jakarta Timur, Jumat (23/7).

Berdasarkan informasi yang didapat, anggota Satreskrim Polres Metro Jakarta Timur kemudian meringkus tiga orang tersangka berinisial DI, MR, dan MG.

"Mereka yang melakukan pembuatan softcopy, melakukan pencetakan surat PCR palsu dengan perannya masing-masing," ucap Kombes Erwin.

Sementara itu, dua orang penumpang berinisal DDS dan KA diamankan saat akan menggunakan hasil PCR Covid-19 palsu tersebut.

"Barang bukti yang diamankan ada komputer, printer, CPU dan uang. Berikut dengan bukti surat PCR palsunya," ungkap Erwin.

Polres Metro Jakarta Timur meringkus 5 orang tersangka terkait kasus pembuatan hasil swab PCR Covid-19 palsu di Bandara Halim Perdanakusuma.