Pemalsuan Paspor Gayus Dinilai Terencana

Pemalsuan Paspor Gayus Dinilai Terencana
Pemalsuan Paspor Gayus Dinilai Terencana
JAKARTA - Staf Ahli Kapolri, Kastorius Sinaga mengatakan, kasus pemalsuan dokumen atas penerbitan paspor terdakwa kasus mafia pajak, Gayus Tambunan, merupakan tindakan yang sudah terencana. Menurutnya, paspor Gayus tersebut seharusnya tidak diterbitkan, karena kasusnya menjadi perhatian publik.

"Imigrasi kan ada intelijennya. (Ini) Manipulasi yang sangat terencana. Kriminalitas di bidang administrasi keimigrasian yang harus diperbaiki," kata Kastorius Sinaga, di sela-sela diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (6/12).

Menurut Kastorius yang juga pengajar di Universitas Indonesia itu, intelijen keimigrasian harusnya bekerja mengumpulkan data-data terhadap orang yang melakukan tindak pidana. "Intelijen mengumpulkan data-data orang per orang yang tersangkut masalah pidana dan menarik perhatian publik, lalu kok bisa keluar paspor palsu atas nama dia? Ini terkait Gayus yang sudah satu tahun menghiasi media. Orang di jalan pun ngerti mukanya Gayus itu siapa," ujarnya.

Terbongkarnya pelesiran Gayus alias Sony Laksono, kata Kastorius pula, membuktikan adanya ketidakaturan sistem di keimigrasian, karena melibatkan Gayus yang sudah dikenal. "Ini bukan lagi keteledoran," ucapnya.

JAKARTA - Staf Ahli Kapolri, Kastorius Sinaga mengatakan, kasus pemalsuan dokumen atas penerbitan paspor terdakwa kasus mafia pajak, Gayus Tambunan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News