Pemanasan Global Ancam Stok Ikan Dunia

Pemanasan Global Ancam Stok Ikan Dunia
Pemanasan Global Ancam Stok Ikan Dunia
LONDON - Pemanasan global bakal berdampak serius pada sejumlah spesies, termasuk ikan. Menurut para ilmuwan spesies ikan bakal memiliki ukuran lebih kecil hingga 24 persen karena pemanasan global yang tengah melanda planet Bumi. Hasil penelitian model dampak kenaikan suhu pada lebih dari 600 spesies antara 2001 sampai 2050 mendapati menghangatnya perairan dapat mengurangi kadar oksigen laut. Hal ini secara signifikan mengurangi berat badan ikan.

"Kegagalan kontrol emisi gas rumah kaca akan memiliki dampak yang lebih besar pada ekosistem laut daripada yang diperkirakan sebelumnya," ujar Dr William Cheung, dari University of British Columbia seperti dikutip BBC.

Penelitian sebelumnya telah menyebutkan bahwa perubahan temperatur samudera akan berdampak atas distribusi dan kemampuan reproduksi banyak spesies ikan. Hasil terbaru justru menunjukkan bahwa ukuran ikan juga bakal terpengaruh.

Sebelumnya, para peneliti membangun sebuah model untuk melihat bagaimana ikan bereaksi terhadap rendahnya kadar oksigen dalam air. Mereka menggunakan data dari salah satu skenario emisi yang lebih tinggi yang dikembangkan oleh Panel Antarpemerintah tentang perubahan iklim (IPCC) PBB. Meskipun data proyek ini relatif atas perubahan kecil pada suhu di bawah lautan, namundampak yang dihasilkan pada ukuran tubuh ikan sangat besar.

LONDON - Pemanasan global bakal berdampak serius pada sejumlah spesies, termasuk ikan. Menurut para ilmuwan spesies ikan bakal memiliki ukuran lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News