Pembalap Iran Dominasi Etape 3, Situs Resmi TdF 2017 Beberkan Pariwisata NTT

Pembalap Iran Dominasi Etape 3, Situs Resmi TdF 2017 Beberkan Pariwisata NTT
Tampak para pembalap dari berbagai negara pada etape ketiga Tour de Flores 2017 Ende - Mbay yang berjarak 83,3 kilometer. Foto: Humas Kemenpar

jpnn.com, FLORES - FLORES - Pembalap Iran bernomor punggung 121, Arvin Moazamigodarzi (Iran) jadi yang pertama melewati garis finis pada etape ketiga Tour de Flores 2017 Ende - Mbay yang berjarak 83,3 kilometer dengan waktu 2 jam 5 menit 57 detik.

Pembalap asal Inggris Daniel Whitehouse (Inggris) dari CCN Cycling Team (Laos) berada di posisi kedua dengan selisih 53 detik dari sang juara. Pembalap Spanyol Edgar Nieto Nohales dari 7 Eleven Cycling Team (Filipina) di tempat ketiga. Selisih waktu Edgar dengan Arvin sebanyak 1 menit detik.

Start dilaksanakan pukul 09.30 WITA di Kantor Bupati Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (16/7). Sebanyak 71 pembalap yang mengikuti etape ketiga memulai lomba dengan menempuh rute seremonial sepanjang 9,2 kilometer. Lokasi finis berada di Lapangan Berdikari Mbay, Nagekeo.

Sepanjang rute terdapat satu titik sprint dan dua titik king of mountain (KOM). Sprint pertama berada di kilometer 28 di Nangapanda. KOM pertama di KM 51,5 di Bidoa Boatuwe dengan ketinggian 618 mdpl (kategori dua). KOM kedua di KM 70,2 di Kapela Lape berketinggian 521 mdpl (kategori empat).

Sprint pertama diraih Arvin, disusul Keisuke Aso (Jepang) dari Kinan Cycling Team (Jepang) serta Daniel Whitehouse. Arvin juga menjadi yang terbaik pada KOM pertama, diikuti Edgar Nieto, Daniel Whitehouse, Keisuke Aso, pembalap Kenya Joseph Gichora Kamau dari Futuro Pro Cycling (Australia) dan Selamat Juangga (Indonesia) dari KFC Cycling Team (Indonesia). KOM kedua dikuasai Arvin, Nieto dan Whitehouse.

Klasemen umum TdF 2017 masih dipegang pembalap Selandia Baru Nick Miller dari Futuro Pro Cycling Team (Australia) dengan total waktu 9 jam 40 menit 48 detik. Dengan begitu, Miller tetap berhak mengenakan PLN Yellow Jersey.Klasemen pembalap Indonesia terbaik (Mandiri White Jersey) dan pembalap ASEAN (BTN, PP Properti, Bank NTT Blue Jersey) terbaik juga tak beranjak dari Imam Arifin.

Tak ada perubahan juga dalam klasemen pembalap tercepat (BNI Green Jersey) dan raja tanjakan (BRI Polkadot Jersey). Green Jersey masih dikenakan Hyeongmin Choe (Korea Selatan) dari Geumsan Insan Cello dan BRI Polkadot Jersey disandang Keisuke Aso.

Kejuaraan dengan lisensi 2.2 Federasi Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste Internationale/UCI) balap sepeda internasional Tour de Flores (TdF) 2017 melahirkan juara baru pada setiap etape. Pada etape pertama Larantuka-Maumere, Jumat (14/7), pembalap Australia, Drew Morey dari Terengganu Cycling Team (Malaysia) finis terdepan.

FLORES - Pembalap Iran bernomor punggung 121, Arvin Moazamigodarzi (Iran) jadi yang pertama melewati garis finis pada etape ketiga Tour de Flores

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News