Pembangunan Rest Area Komplet ala Jepang Kelar 2018

Pembangunan Rest Area Komplet ala Jepang Kelar 2018
Rest area di Tol fungsional Gringsing. Foto: Mesya Mohammad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Tahun depan, Indonesia akan punya rest area luas dan komplet ala Jepang.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S Atmawidjaja mengatakan, konsep anjungan cerdas, sebutan untuk rest area tersebut, itu diadposi dari tempat istirahat pengguna jalan (rest area) di Jepang yang disebut Michino-Eki

Endra menuturkan, dua anjungan cerdas yang tengah dibangun di Trenggalek dan Jembrana menunjukan progres yang signifikan.

"Anjungan Cerdas Rambut Siwi ditargetkan dapat selesai lebih cepat dari jadwal semula pada Mei 2018 menjadi Januari 2018. Sementara Anjungan Cerdas Tugu akan selesai sesuai jadwal pada akhir Mei 2018," tutur Endra kepada Jawa Pos kemarin (1/10).

Kepala BPIW Kementerian PUPR Rido Matari Ichwan mengatakan, pembangunan kedua anjungan cerdas itu berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

Progres konstruksi AC Rambut Siwi telah mencapai 80 persen. "Sementara itu anjungan cerdas Tugu progres fisik di akhir tahun akan melebihi 57 persen," jelas Rido.

Rido mengatakan, kedua anjungan cerdas itu dibangun di lokasi yang punya traffic cukup padat karena memang tujuan utamanya sebagai tempat peristirahatan para pengguna jalan.

Anjungan Cerdas Rambut Siwi dipilih karena berada di ruas jalan nasional yang menghubungkan Kota Denpasar ke Gilimanuk.

Kedua rest area itu dibangun di lokasi yang punya traffic cukup padat karena memang tujuan utamanya sebagai tempat peristirahatan para pengguna jalan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News