Pembangunan SDM Unggul Jadi Prioritas Utama TNI AL

Pembangunan SDM Unggul Jadi Prioritas Utama TNI AL
Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono selaku Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan ke-76 Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut Tahun 2022 di Lapangan Laut Maluku Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Jumat (13/5). Foto: Dispenal

jpnn.com, SURABAYA - Pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul menjadi prioritas utama TNI Angkatan Laut. Oleh karena itu, penyediaan personel berikut pendidikan dan pelatihannya menjadi bagian yang sangat penting bagi kelanjutan organisasi.

Demikian amanat tertulis Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono yang dibacakan Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono selaku Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan ke-76 Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut Tahun 2022 di Lapangan Laut Maluku Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Jumat (13/5).

Menurut Yudo, dalam menjalankan tugas pertahanan negara, TNI AL membutuhkan insan-insan yang patriotis dan pantang menyerah.

“Pada konteks inilah pendidikan TNI Angkatan Laut memiliki makna yang makin sentral,” kata Yudo.

Menurut Yudo, TNI AL dalam pembinaan kekuatan terutama pada struktur Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) terdiri dari KRI, Pesawat Udara, Marinir, dan Pangkalan sangat bergantung kepada kualitas SDM yang mengawaki.

Hal tersebut selaras dengan tema peringatan ke-76 Hardikal Tahun 2022 yaitu “Lembaga Pendidikan TNI Angkatan Laut Terus Berkomitmen Membangun Sumber Daya Manusia Unggul Guna Mewujudkan TNI AL yang Profesional Modern dan Tangguh.”

Lebih jauh, dia menyampaikan pembangunan sumber daya manusia bukan hanya tentang kualitas, namun juga kuantitas sehingga guna memenuhi kekurangan jumlah pengawak Alutsista dan organisasi.

Dia menyebut TNI AL telah membentuk Satuan Pendidikan (Satdik)-1 di Tanjung Uban, Satdik-2 di Makassar dan Satdik-3 di Sorong serta berencana akan membentuk Satdik-4 di Manado.

Pembangunan SDM yang unggul jadi prioritas utama TNI AL. Oleh karena itu, penyediaan personel berikut pendidikan dan pelatihannya jadi bagian sangat penting.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News