Pembangunan Venue Pendamping PON Dimulai di 2018

Pembangunan Venue Pendamping PON Dimulai di 2018
Ilustrasi. Foto: istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Pusat meminta masyarakat tak perlu khawatir terkait pelaksanaan PON XX/2020 di Papua.

Provinsi paling timur Indonesia tersebut menurut KONI siap dan bakal membangun lima venue baru untuk ajang olabraga multievent terbesar di Indonesia tersebut.

Wakil Ketua Umum KONI Pusat Suwarno, dia menyebut rencana pembangunan venue seperti Istana Olahraga (Istora), Kolam renang, velodrome, dan juga venue kriket serta hoki masih on the track.

Untuk pembangunannya, dia mengklaim bahwa akan didukung oleh pemerintah pusat.

"Ini adalah dukungan anggaran dari pemerintah pusat untuk proses penyiapan tempat pertandingan di Bumi Cenderawasih nanti, di mana 2016-2017 Pemprov Papua sudah melakukan langkah perencanaan untuk penyiapan tempat pertandingan atau venue yang rencananya mayoritas adalah di Kota dan Kabupaten Jayapura juga melibatkan Wamena, Timika, Biak dan Merauke," ungkapnya.

Selain dari pusat, Papua juga sudah menyiapkan sebagian APBD-nya untuk memulai tahapan pembangunan dan renovasi venue-venue untuk PON.

Suwarno menambahkan, Papua sudah mematok target pembangunan akan dimulai beberapa bulan ke depan, sehingga venue pendamping Stadion Utama Papua, bisa terselesaikan tepat waktu pada 2019.

"Mudah-mudahan akan sinkron dengan yang disiapkan. Karena mayoritas APBD untuk Stadion Utama, sementara dari pusat untuk venue pendamping," tuturnya. (dkk/jpnn)


Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Pusat meminta masyarakat tak perlu khawatir terkait pelaksanaan PON XX/2020 di Papua.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News