Pembanting Vas 1 Juta Dollar Kagumi Ai Weiwei

Pembanting Vas 1 Juta Dollar Kagumi Ai Weiwei
Ai Weiwei. Getty Images

jpnn.com - MIAMI - Maximo Caminero melakukan tindakan tak terpuji. Saat menyaksikan pameran seni di Pérez Art Museum Miami, Senin (17/2), ia merusak vas milik Ai Weiwei senilai USD 1 juta atau Rp 11,7 Miliar.

Kini, pria yang juga pekerja seni itu berurusan dengan aparat keamanan. Polisi setempat seperti yang dilansir Miami News Time mengatakan Caminero mengambil vas tersebut. Ketika diminta untuk meletakkan karya seni yang pernuh sejarah itu, Caminero malah membantingnya ke lantai.

Caminero sendiri mengatakan aksi itu dilakukan sebagai bentuk protes kepada pengelola Pérez Art Museum Miami. Kata dia, pekerja seni lokal tak pernah dihargai karena Pérez Art Museum Miami hanya memberikan tempat kepada pekerja seni yang top dan punya nama di tingkat internasional. Sementara seniman lokal tak diberikan tempat untuk memamerkan karyanya.

Maximo Caminero adalah pekerja seni. Namanya sangat dikenal karena karyanya.

Caminero yang merupakan pelukis lokal terkenal telah memamerkan karya-karyanya di Fountain Art Fair. Pelukis 51 tahun lahir di Republik Dominika.

Tahun lalu karyanya dipamerkan di Banyak orang di Contemporary Art Gallery Babacar M'Bow di Little Haiti.

Namun Caminero baru sadar bahwa vas yang dibantingnya itu sangat mahal setelah menjalani pemeriksaan di kepolisian setempat. "Aku tidak tahu bahwa seharga (USD 1 juta)," kata Caminero.

Caminero mengaku tidak pernah bermasalah dengan Ai Weiwei. Ia justru mengagumi Ai Weiwei karena karyanya. Bahkan ia juga mendukung aksi Ai Weiwei menentang rezim pemerintahan China.

MIAMI - Maximo Caminero melakukan tindakan tak terpuji. Saat menyaksikan pameran seni di Pérez Art Museum Miami, Senin (17/2), ia merusak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News