Pembayaran Komodo

Oleh: Dahlan Iskan

Pembayaran Komodo
Dahlan Iskan (Disway). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - TEROBOSAN masih terus bisa dilakukan Presiden Jokowi. Kali ini memilih Komodo sebagai tempat KTT ASEAN plus 3.

Tak terbayangkan KTT ASEAN dilaksanakan di tempat yang begitu jauh dan terpencil.

Namun, itulah cara Presiden Jokowi mempromosikan daerah wisata Indonesia. apalagi selama pemerintahannya sudah habis-habisan membangun pulau Komodo dan sekitarnya.

Baca Juga:

Salah satu keuntungan bagi masyarakat Flores bagian barat adalah ini: punya rumah sakit baru di ujung barat pulau itu. Yakni Rumah Sakit Komodo. Yang langsung punya kemampuan melaksanakan intervensi jantung dan stroke.

Menkes Budi Gunadi Sadikin yang membangunnya. Yang melengkapi alat-alatnya. Menugaskan dokter ahlinya.

Maka orang Flores kini tidak harus ke Surabaya atau ke Bali untuk pasang ring di jantung. RS Komodo sudah bisa melakukan.

Untuk bisa pasang ring memang harus punya ahli jantung dan pembuluh darah. Lalu harus punya paling tidak tiga perawat ahli.

Tidak diperlukan ahli-ahli lainnya. Timnya cukup sederhana. Paling, salah satu perawat itu harus bisa membaca hasil pemeriksaan awal kerja jantung.

TEROBOSAN masih terus bisa dilakukan Presiden Jokowi. Kali ini memilih pulau Komodo sebagai tempat KTT ASEAN plus 3. Tak terbayangkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News