Pembebasan Lahan Bandara Kediri, Sofyan Djalil Cerita Kasus Tol Bakauheni – Palembang

Pembebasan Lahan Bandara Kediri, Sofyan Djalil Cerita Kasus Tol Bakauheni – Palembang
Sofyan Djalil. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, KEDIRI - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berharap masalah pembebasan lahan untuk pembangunan Bandara Kediri, Jawa Timur, bisa segera dituntaskan. Sisa masalah pembebasan tinggal sedikit, agar dibereskan sehingga proyek bisa secepatnya dimulai.

"Kami berharap tidak ada provokasi. Tinggal 20 hektare. Ini (bandara) pasti memberikan dampak positif ke masyarakat," katanya saat kunjungan kerja ke Kediri, Jawa Timur, Sabtu (31/8).

Ia juga menambahkan jika proses penyelesaian tanah selesai, peletakan batu pertama pembangunan Bandara Kediri bisa secepatnya dilakukan. Bahkan, jika tuntas, dimungkinkan awal 2020 bisa mulai dilakukan.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil yang juga hadir di Kediri mengatakan dalam pembebasan tanah untuk kepentingan Bandara Kediri, pemerintah bisa menggunakan UU Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Umum.

Namun di Kediri, kata dia, dalam penyelesaian pembebasan lahan masih menggunakan business to business (B2B). Jika memang masih terkendala, pemerintah akan memutuskan untuk menggunakan aturan itu (UU Nomor 2 Tahun 2012), sehingga untuk uang ganti untung akan diambil ke pengadilan.

BACA JUGA: Daftar 12 Nama Selebriti Lolos ke Senayan sebagai Anggota DPR

Dirinya juga menceritakan pengalaman pembebasan lahan di Sumatera yang dijadikan sebagai jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni - Palembang, di mana warga justru meminta agar tanahnya dilewati proyek jalan tol. Sebab harga yang diberikan atau ganti untungnya hingga empat kali dari NJOP (Nilai Jual Obyek Pajak Pengganti).

"Pemerintah tidak merugikan rakyat, tapi mementingkan kesejahteraan rakyat. Kediri nanti perkembangan ekonominya jadi, menciptakan lapangan kerja," kata Menteri Sofyan.

Luhut Panjaitan dan Sofyan Djalil berharap sisa masalah pembebasan lahan untuk pembangunan Bandara Kediri segera dituntaskan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News