Pembelaan TKN Jokowi untuk Menkominfo Rudiantara

Pembelaan TKN Jokowi untuk Menkominfo Rudiantara
Menkominfo Rudiantara peringatkan data bocor di Facebook. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua TKN Jokowi - Ma'ruf, Abdul Kadir Karding menilai pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara tentang ASN gajinya dibayar pemerintah merupakan hal yang wajar.

Menurut Karding, Rudi -sapaan Rudiantara- berupaya mengembalikan netralitas ASN dalam menghadapi Pemilu 2019.

"Ucapan Menkominfo Rudiantara soal PNS digaji pemerintah mestinya dipahami dalam beberapa konteks psikologis beliau yang tidak ingin ASN terlibat politik praktis. Bisa dipahami jika beliau bereaksi saat ada PNS di jajarannya yang menyampaikan sikap politik di muka publik," kata Karding dalam keterangan yang diterima, Jumat (1/2).

BACA JUGA: Sandiaga Uno: Rudiantara Mengingatkan ASN Digaji Rakyat, Bukan Penguasa

Karding menerangkan, pernyataan Rudi jelas tidak bisa digeneralisasi sebagai bentuk tekanan terhadap perbedaan politik. Sebaliknya, sikap itu justru alarm bagi semua pihak, khususnya pejabat negara untuk senantiasa menjaga netralitas aparturnya di Pemilu 2019.

"Pernyataan Pak Rudiantara adalah reaksi spontan dirinya, sehingga usaha menggoreng pernyataan Pak Rudiantara untuk mendiskreditkan Presiden Jokowi sama sekali tidak beralasan. Pertama karena memang sebagai pejabat negara, Pak Rudi wajib mengingatkan bawahannya untuk netral," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, Jokowi sebagai kepala pemerintahan kerap menyampaikan tentang pentingnya netralitas. Bahkan, Jokowi juga menyampaikannya kepada TNI dan Polri.

"Dan komitmen itu saya tahu betul masih dipegang beliau (Jokowi) sampai sekarang," pungkas politikus PKB ini. (tan/jpnn)


Wakil Ketua TKN Jokowi - Ma'ruf, Abdul Kadir Karding menilai pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sebagai hal wajar


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News