Pembenahan Jalan Desa dan Perkebunan Kian Mantap

Pembenahan Jalan Desa dan Perkebunan Kian Mantap
Proyek Jalan. ILUSTRASI. Foto: JPNN.com

jpnn.com, BOLAANG MONGONDOW TIMUR - Sejumlah program infrastruktur strategis dipacu Pemkab Boltim. Terlihat lewat sederet program yang ada dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2017.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sahrul Abdul Muis menjelaskan dalam daftar itu sektor infrastruktur jalan desa hingga perkebunan kian dimantapkan pada tahun ini. Pekerjaan sebelas paket proyek jalan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tambahan dan Dana Alokasi Umum (DAU).

“Total anggarannya 36 miliar rupiah. Tinggal menunggu APBD-P 2017 running dalam waktu dekat ini,” sebut Muis seperti dilansir Manado Post (Jawa Pos Group).

Menurut Muis, pekerjaan fisik yang dibiayai lewat DAK tambahan berjumlah lima paket. Sedangkan proyek yang berasal dari DAU berjumlah enam paket. “Ada anggaran dari pemerintah pusat yang turun. Dan ini cukup berdampak pada pelaksanaan program," tambahnya.

Dia menambahkan, meski ada anggaran pemerintah pusat yang turun, namun pembangunan program dari Dinas PUPR sebenarnya membutuhkan anggaran lebih banyak. “Masih banyak yang kami butuhkan dan sudah berdasarkan kajian. Sebagian proyek terpaksa digeser pada 2018 karena anggaran belum mencukupi," tandasnya.

Menurut Muis, jika APBD-P sudah jalan, tentu segera proses lelang. “Supaya bisa selesai tepat waktu,” terangnya.

Semua perencanaan dari Dinas PUPR, lanjutnya, sudah ditata dan dituangkan dalam proyek pekerjaan fisik.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga Haris Sumanta mengungkapkan, sejumlah program yang sudah tertata sudah masuk. Dan siap dilelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP).

Sejumlah program infrastruktur strategis dipacu Pemkab Boltim. Terlihat lewat sederet program yang ada dalam APBD Perubahan 2017

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News