Pembentukan Badan Pengelola Borobudur Tunggu Masukan

Pembentukan Badan Pengelola Borobudur Tunggu Masukan
Borobudur. Foto: Radar Kedu

jpnn.com - MUNGKID– Kementerian Pariwisata terus mematangkan rencana pembentukan Badan Pengelola Borobudur. Saat ini, mereka masih menunggu masukan dari sejumlah pihak terkait.

“Kami sedang menunggu masukan dari lintas kementerian, pelaku wisata dan juga pengelola,” kata Staf Ahli Kementerian Pariwisata Bidang Pariwisata dan Industri Kreatif Husein Alidrus usai berkunjung ke Borobudur, Minggu (18/10) kemarin.

Dia mengatakan, badan pengelola yang dimaksud oleh Kementerian Pariwisata saat ini masih dalam proses. “Kita tunggu saja, secepatnya akan ada (badan pengelola) Candi Borobudur. Apalagi, Borobudur ini kan magnet wisata di Jogja, Solo, Semarang (Joglosemar),” paparnya.

Sebelumnya Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai perkembangan wisata di Borobudur terlalu lamban akibat banyaknya pengelola di dalamnya. Sehingga mulai akhir tahun ini akan ada satu lembaga saja yang bakal menaungi warisan budaya itu.

Sebagaimana diketahui saat ini, ada tiga zonasi di Candi Borobudur dengan tiga pengelola. Yakni Balai Konservasi di zona I, BUMN dalam hal ini PT Taman Wisata Candi Borobudur di zona II dan Pemkab Magelang di zona III. “Karena memang harus seperti itu. Nanti bahasa harusnya akan kita lebur,” jelas dia. (vie)

 

 


MUNGKID– Kementerian Pariwisata terus mematangkan rencana pembentukan Badan Pengelola Borobudur. Saat ini, mereka masih menunggu masukan dari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News