Pembentukan Badan Siber Nasional Sudah Tahap Finalisasi

Pembentukan Badan Siber Nasional Sudah Tahap Finalisasi
Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah memastikan Badan Siber Nasional (BSN) akan segera terbentuk. Pembentukan sebagai respons atas maraknya serangan terhadap teknologi informasi instansi pemerintah melalui dunia maya.

Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan, saat ini pembentukan BSN dalam tahap finalisasi. "Badan siber dan sandi negara itu memang sudah dalam tahapan finalisasi," ujarnya di kompleks Istana Negara, Rabu (17/5).

Mantan sekretaris jenderal PDI Perjuangan itu menambahkan, pada saatnya nanti pembentukan badan siber ini segera disampaikan kepada publik. Sebab, keberadaannya memang sangat diperlukan di tengah maraknya serangan siber.

Yang terbaru adalah kegiatan peretasan dengan motif politik dan menyuarakan pendapat atau yang dikenal dengan sebutan hacktivist. Beberapa situs milik pemerintah pun telah menjadi korbannya.

Belum lagi, kabar bohong alias hoaks juga merajalela dan dianggap membahayakan sistem demokrasi di Indonesia. Menurut Pramono, persoalan cyber attack memang sudah sangat mengkhawatirkan.

“Termasuk hal-hal yang berkaitan dengan hoaks yang cepat atau lambat itu akan menggangu sistem demokrasi kita. Kalau ada badan yang menangani itu akan lebih baik," tuturnya.(fat/jpnn)


Pemerintah memastikan Badan Siber Nasional (BSN) akan segera terbentuk. Pembentukan sebagai respons atas maraknya serangan terhadap teknologi informasi


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News