Pembentukan Pasukan Komcad Penting Bagi Prabowo Menuju Pilpres 2024

Pembentukan Pasukan Komcad Penting Bagi Prabowo Menuju Pilpres 2024
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (tengah) meninjau kegiatan Latihan Pembulatan Komponen Cadangan di Bandung, Jawa Barat, Senin (27/9/2021). ANTARA/HO-Biro Humas Setjen Kemhan

jpnn.com, JAKARTA - Analis politik Pangi Syarwi Chaniago menilai pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) TNI AD bisa berpengaruh baik pada tingkat elektabilitas Prabowo Subianto.

Komcad sendiri dibentuk oleh Kementerian Pertahanan yang dipimpin Ketua Umum Partai Gerindra itu.

"Ini kalau bagus di-maintenance di media tentu ada pengaruh sedikit banyaknya. Prabowo terjaga elektabilitasnya salah satunya karena masih punya panggung sebagai menhan," kata Pangi kepada JPNN.com, Selasa (12/10).

Pangi menambahkan pembentukan Komcad bisa berpengaruh baik bagi elektabilitas Prabowo, apabila tersosialisasikan dengan baik ke publik.

Menjaga tingkat elektabilitas tetap tinggi tentu penting jika Prabowo hendak maju pada Pilpres 2024 mendatang.

"Apalagi Komcad tersosialisasikan ke publik dengan baik, bahwa ini salah satu keberhasilan Prabowo, sehingga publik approval, ratingnya naik," ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting itu.

"Kepuasan, saya pikir punya korelasi linear terhadap insentif elektoral Prabowo. Saya melihat branding dan cukup massif pemberitaannya di media. Sehingga penting pembentukan ini terhadap citra dan kapabilitas Prabowo sebagai menhan," sambung Pangi.

Sebelumnya, pembentukan komponen cadangan merupakan tindak lanjut perintah undang-undang.

Analis politik Pangi Syarwi Chaniago menilai pembentukan pasukan Komcad TNI AD bisa berpengaruh baik pada tingkat elektabilitas Prabowo Subianto, simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News