Pembersihan Borobudur Sudah 80 Persen

Pembersihan Borobudur Sudah 80 Persen
Pembersihan Borobudur Sudah 80 Persen

jpnn.com - YOGYAKARTA - Pengunjung Candi Borobudur tak lama lagi akan bisa menikmati keindahan candi terbesar di Indonesia itu. Ya, sejak beberapa waktu lalu, candi yang terletak di Kabupaten Magelang itu tengah dibersikan dari terpaan abu vulkanik Gunung Kelud. Kini pembersihannya sudah mencapai 80 persen. 

"Proses pembersihan sudah mencapai 80 persen, partisipasi relawan untuk proses itu bisa dihentikan pada Selasa (25/2)," kata koordinator Pemanfaatan dan Layanan Masyarakat Balai Konservasi Borobudur, Pangga Ardiansyah, Minggu.

Kata dia, tiap harinya ada sekitar 300 orang berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih candi. Mereka berasal dari kalangan umat Buddha, karyawan hotel, pemandu wisata, pedagang asongan, pelajar, dan para turis.

Pangga menjelaskan kini pembersihan Borobudur sudah dalam tahap akhir. Tahap akhir yang dimaksud adalah pembersihan sistem drainase di bawah pelataran Borobudur yang mungkin perlu dikeruk dan dibersihkan dari kubangan abu dan pasir halus yang merupakan sisa-sisa dari proses pembersihan kering dan basah sebelumnya.

"Karena itu, kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi para relawan yang bahkan tidak hanya melibatkan orang Jawa Tengah, tapi paling jauh ada yang datang dari Surabaya, bahkan beberapa turis Korea yang mengikuti Kemah Budaya Internasional pun ikut," katanya.

Meskpun pemberihan itu bisa dihentikan pada Selasa (25/2) mendatang, relawan yang datang ke Borobudur akan tetap diterima. Tapi, jika jumlahnya besar-besaran, tenaganya bakal dialihkan untuk membantu membersihkan candi-candi di Yogyakarta yang belum maksimal.

"Kami juga bersyukur, kedatangan wisatawan tidak terlalu terpengaruh dengan abu vulkanik, meski Borobudur sempat ditutup dalam beberapa hari, namun para wisatawan yang kecewa umumnya dapat memaklumi dan justru membantu kami untuk bersih-bersih," katanya.

Bahkan, wisatawan yang datang pada libur "akhir pekan" (Sabtu dan Minggu) tetap ribuan. "Kalau hari normal, setiap akhir pekan selalu ada 5.000-10.000 pengunjung yang datang ke Borobubur dan pada hari-hari biasa berjumlah 2.000-3.000 pengunjung," katanya. (ant/fr/mas)

Berita Selanjutnya:
Tren Penumpang Kapal Menurun

YOGYAKARTA - Pengunjung Candi Borobudur tak lama lagi akan bisa menikmati keindahan candi terbesar di Indonesia itu. Ya, sejak beberapa waktu lalu,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News