Pembuatan KTP di Daerah Ini Meningkat Jelang Pemilu 2024

Pembuatan KTP di Daerah Ini Meningkat Jelang Pemilu 2024
Pelajar SMA mengikuti perekaman KTP di Kabupaten Aceh Barat. ANTARA/HO-Disdukcapil Aceh Barat

jpnn.com, SIMEULUE - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Simeulue, Aceh mencatat pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) oleh warga berusia 17 tahun meningkat menjelang Pemilu 2024.

"Pembuatan KTP bagi warga pemilih pemula mencapai 40 orang per hari menjelang Pemilu 2024. Sebelumnya hanya berkisar 10 hingga 20 orang," kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Simeulue Ahmanuddin di Simeulue, Kamis (8/2).

Menurut dia, meningkatnya pembuatan KTP membuat Disdukcapil Kabupaten Simeulue membuka layanan pada hari libur untuk memudahkan masyarakat mendapatkan kartu identitas menjelang pemilu 14 Februari 2024.

"Kami terus memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik bagi warga yang ingin memiliki KTP, terutama untuk kepentingan pemilu nanti," kata Ahmanuddin.

Menyangkut persediaan blangko KTP, dia mengatakan sampai saat ini masih mencukupi. Apabila persediaan kurang, pihaknya segera meminta ke pemerintah pusat.

"Kami pastikan persediaan blangko KTP mencukupi, sehingga tidak menghambat proses pembuatan dan penerbitan kartu identitas kependudukan tersebut," katanya.

Hingga saat ini masyarakat di Kabupaten Simeulue yang sudah melakukan perekaman atau membuat KTP sebanyak 65.926 orang dari 68.407 orang yang wajib KTP atau mencapai 98,64 persen.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatera.

Pembuatan KTP di kawasan Simeulue, Aceh mengalami peningkatan menjelang Pemilu 2024.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News