Pemda Bentuk Konsorsium Kelola Inalum

Pemda Bentuk Konsorsium Kelola Inalum
Pemda Bentuk Konsorsium Kelola Inalum
JAKARTA -- Pemerintah pusat memberikan lampu hijau bagi 10 kabupaten/kota dan Pemprov Sumut untuk ikut terlibat dalam pengelolaan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) pasca 2013. Hanya saja, pemerintah pusat belum menyebutkan berapa saham Inalum yang akan diberikan ke pemda.

Menteri Perindustrian MS Hidayat, selaku ketua tim negosiasi yang dibentuk pemerintah RI, hanya memberikan saran agar 10 kabupaten/kota dan Pemprov Sumut membentuk konsorsium perusahaan daerah. Saran MS Hidayat itu disampaikan kepada 10 bupati/walikota yang daerahnya berada di sekitar Danau Toba, dalam pertemuan 11 Mei 2011.

Bupati Samosir yang juga Juru Bicara 10 bupati/walikota, Mangindar Simbolon, kepada JPNN menjelaskan, pada pertemuan tersebut keinginan pemda agar ikut mendapatkan 58 saham yang dulunya dikuasai konsorsium perusahaan Jepang, mendapat respon positif dari MS Hidayat. Hanya saja, memang belum disebutkan jumlah saham yang akan diberikan ke pemda.

"Bapak menteri perindustrian mengarahkan agar melalui satu forum saja, yaitu dalam bentuk konsorsium perusahaan daerah," ujar Mangindar kemarin. Hasil pertemuan itu juga dilaporkan kepada plt Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, melalui surat tertanggal 18 Mei 2011.

JAKARTA -- Pemerintah pusat memberikan lampu hijau bagi 10 kabupaten/kota dan Pemprov Sumut untuk ikut terlibat dalam pengelolaan PT Indonesia Asahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News