Pemda Diminta Siapkan Lahan untuk Perumahan

Pemda Diminta Siapkan Lahan untuk Perumahan
Pemda Diminta Siapkan Lahan untuk Perumahan
JAKARTA- Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa mengatakan selama ini pemerintah daerah (pemda) kurang proaktif dalam menyediakan lahan perumahan yang diperuntukan bagi masyarakat menengah ke bawah.

"Saya merasa yang getol menyuarakan pembangunan rumah untuk masyarakat berpenghasilan di bawah Rp2,5 juta hanya pemerintah pusat. Harusnya dengan era otonomi daerah ini, pemda yang lebih aktif. Bagaimana masyarakat Indonesia bisa memiliki rumah kalau pemdanya hanya cuek," tegasnya usai raker dengan Komisi V DPR RI, Rabu (20/1).

Lebih lanjut dikatakan, untuk 2010 total anggaran Kemenpera dalam APBN 2010 Rp4,003 triliun, di mana untuk program pengembahan perumahan sebesar Rp384,8 miliar dan subsidi perumahan Rp3,099 triliun.

Sementara itu anggota Komisi V Yasti Mokoagow menyatakan, pemda memang harus menyediakan lahan perumahan untuk masyarakat. Namun, dia tidak sependapat dengan pemerintah pusat, jika semua daerah didirikan rumah susun milik sendiri (rusunami) dan rumah susun sewa (rusunawa).

JAKARTA- Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa mengatakan selama ini pemerintah daerah (pemda) kurang proaktif dalam menyediakan lahan perumahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News