Pemda DKI Bakal Beli Lahan di NTT untuk Ternak Sapi

Pemda DKI Bakal Beli Lahan di NTT untuk Ternak Sapi
Pemda DKI Bakal Beli Lahan di NTT untuk Ternak Sapi

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kupang di Nusa Tenggara Timur untuk meningkatkan pasokan daging sapi di ibu kota. Untuk itu, Pemprov DKI akan membeli lahan di Kupang untuk ternak sapi.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pihaknya akan menggunakan lahan seluas 100 hektar di Kabupaten Kupang. Ahok -sapaan Basuki- menuturkan, lahan itu akan dimanfaatkan untuk pengembangbiakan sapi.

"Kita akan coba 100 hektar. DED (detail engineering design, red) dibuat Kementerian Riset dan Teknologi dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Kira-kira butuh Rp 40 miliar- Rp 50 miliar. Kalau ini berhasil kita akan coba di seluruh Indonesia buat kerja sama," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Jumat (20/2).

Ahok menjelaskan, pengembangbiakan sapi harus dilakukan karena kebutuhan akan daging hewan herbivora itu di DKI semakin meningkat. Selama ini DKI sering mengalami defisit daging sapi ketika permintaan melonjak tidak dibarengi ketersediaan pasokan yang cukup.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menambahkan, untuk kerja sama itu Pemprov DKI menujuk PD Dharma Jaya.  untuk mengurus kerja sama tersebut. PD Dharma Jaya merupakan badan usaha milik daerah yang bergerak di bidang daging.

Ahok menjelaskan, pihaknya akan memberikan penyertaan modal pemerintah kepada PD Dharma Jaya untuk membeli lahan guna pengembangbiakan sapi di Kupang. “Soalnya kalau dari dinas kita itu ribet. Karena Dharma Jaya harus kuasai 100 hektar di situ kan," tandasnya.(gil/jpnn)


JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kupang di Nusa Tenggara Timur untuk meningkatkan pasokan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News