Pemda Harus Mengutamakan Pelayanan dan Keselamatan Penumpang

Pemda Harus Mengutamakan Pelayanan dan Keselamatan Penumpang
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto humas Perhubungan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau Pemerintah Daerah untuk meningkatkan keselamatan dan pelayanan terhadap penumpang transportasi.

“Saya mengimbau kepada semua Pemerintah Daerah yang mengelola pelabuhan di seluruh Tanah Air untuk memastikan safety,” kata Budi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (20/6).

Hal ini dikatakan Menhub menyusul kasus kecelakaan KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara.

Menurut Budi, ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh Pemda dalam mengawasi kapal-kapal yang berlayar. Di antaranya adalah kelayakan jalan mesin, jumlah penumpang dan life jacket.

“Ini akan jadi satu pelajaran bagi pemerintah untuk melakukan koordinasi lebih baik dengan Pemda. Kami akan melakukan koordinasi yang lebih intentif karena memang ada upaya kami untuk menyeragamkan keselamatan yang ada,” ujar Budi.

Melihat terdapat korban jiwa dari insiden tersebut, Menhub bersama Basarnas, KNKT, Polri, dan Jasa Raharja masih melakunan proses evakuasi dan pencarian korban yang hilang.

Tak ingin insiden seperti di Danau Toba terulang, Budi menyebut telah melakukan sidak ke Pelabuhan Kali Adem. Dia menilai pelayanan yang diberikan relatif baik.

“Dalam sidak itu, alhamdulillah relatif baik, dengan pengalaman yang kurang baik itu. Saya mengimbau kepada semua pemerintah daerah yang mengelola pelabuhan di seluruh Tanah Air untuk memastikan aspek keselamatan," tandas Budi.(tan/jpnn)


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau Pemerintah Daerah untuk meningkatkan keselamatan dan pelayanan terhadap penumpang transportasi.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News