Kamis, 19 Juli 2018 – 22:27 WIB

Pemenuhan Nutrisi Dukung Prestasi Anak

Jumat, 11 Mei 2018 – 05:48 WIB
Pemenuhan Nutrisi Dukung Prestasi Anak - JPNN.COM

jpnn.com - Orang tua harus tahu tahapan dan aspek potensi dari anak agar bisa mendukungnya menjadi generasi maju. Setidaknya ada lima aspek tumbuh kembang yang saling berkaitan, yakni aspek fisik, kognitif, emosi, Bahasa, dan sosial.

Hal itu ditegaskan Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., ”Peran orang tua sangat penting karena lima potensi ini tidak tumbuh instan, perlu dikembangkan sejak dini. Salah satunya lewat pemenuhan nutrisi yang baik,” katanya.

Saat ini, ujar Anna terdapat 84 juta anak di Indonesia yang mewakili sepertiga populasi Indonesia, sehingga kualitas tumbuh kembang mereka perlu mendapat perhatian serius dari berbagai pihak karena mereka adalah calon generasi penerus bangsa.

Hal senada dikatakan pemerhati pendidikan usia dini, Dr. Capri Anjaya, SPd. M.Hum. “Salah satu kunci kemajuan Indonesia mendatang tergantung pada bagaimana kualitas anak-anak saat ini. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah yang tepat disertai dukungan dari berbagai pihak, termasuk pihak swasta dan masyarakat, untuk dapat turut andil dalam mendukung terwujudnya generasi yang tumbuh tinggi dan kuat, cerdas kreatif, supel, mandiri serta percaya diri, sehingga menjadi generasi maju untuk Indonesia maju di masa mendatang.”

Faktor lingkungan juga berperan penting dalam masa tumbuh kembang anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa separuh potensi kecerdasan seseorang dikembangkan pada usia empat tahun, dan intervensi anak usia dini dapat memiliki efek jangka panjang pada kapasitas intelektual, kepribadian, dan perilaku sosial. Oleh karena itu, masa lima tahun pertama kehidupannya merupakan masa yang sangat peka terhadap lingkungan dan masa ini berlangsung sangat pendek serta tidak dapat diulang lagi.

Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo, menjelaskan  “Sejalan dengan visi SGM Ekplor, kami percaya bahwa setiap anak Indonesia berhak untuk maju memiliki masa depan yang cerah sehingga dapat meraih cita-citanya. Selama lebih dari 60 tahun SGM Eksplor telah mendukung orang tua Indonesia dengan melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil untuk mendukungnya memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi & kuat, supel, mandiri & percaya diri,” katanya. (JPNN/pda)

 

SHARES
TAGS   Nutrisi gizi anak
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar